Jumat, 15 Juni 2012

Keindahan Yang Menghancurkan Bukit Karst di Tuban


Kabupaten  Tuban – Jawa Timur memiliki banyak perbukitan karst ( batu kapur ) yang tersebar di berbagai daerahnya. Salah satunya berada di perbukitan batu kapur di Kecamatan Rengel, sekitar 28 km arah tenggara dari pusat kota.

Perbukitan kapur yang sangat luas itu menjadi  sumber penghasilan bagi warga di sekitarnya karena menjadi lokasi penambangan batu kapur. Baik dalam skala besar atau skala kecil, mereka  saling menggali rupiah dari menambang batu kapur itu.

Mereka menambang batu kapur itu untuk dijadikan batu ‘ Kumbung ‘ sebagai bahan bangunan untuk mendirikan rumah , gedung atau kebutuhan lainnya. Dengan menggunakan peralatan sederhana seperti linggis, gergaji, penggaris dan pensil, setiap harinya  para penambang itu tampak beraktifitas menggergaji dan memotong  tebing batu kapur itu menjadi Kumbung dalam berbagai ukuran.

Di sana juga tampak banyak kendaraan truck yang hilir mudik untuk mengambil dan mengangkut batu kumbung untuk disetorkan kepada pembelinya. Harga batu kumbung itu sendiri berkisdar Rp 1200-12.000 tergantung ukurannya.

Aktifitas penambangan kapur yang telah berlangsung sejak puluhan tahun silam itu dan masih berlangsung saat ini tentuya meninggalkan jejak kerusakan di lokasi. Banyak lubang yang besar dan luas menganga di berbagai tempat.


Pada sebagian tempat, lubang yang dalam dan luas itu masih digunakan untuk menambang batu kapur. Sebagian lubang lainnya sudah tidak digunakan untuk menambang dan ditinggalkan begitu saja.

Tak pelak, kerusakan alam pun terjadi. Tebing batu kapur yang dulu tampak kokoh berdiri itu pun tampak hancur dengan banyak lubang yang sangat  luas dan dalam. Tebing batu kapurnya pun tampak seperti mozaik berwarna hitam dan putih dalam berbagai bentuk.

Sebuah ironi karena di balik rusaknya alam dan lingkungan disana ternyata juga membawa keindahan tersendiri dari mozaik-mozaik di tebing batu kapur. Banyak orang yang berkunjung ke sana selian untuk melihat aktifitas penambangan batu kapur, juga untuk berfoto ria di sekitar lokasi.

Karena keindahan lokasi disana, banyak juga fotografer yang menjadikannya sebagai lokasi pemotretan  untuk Pre Wedding , fashion atau sekedar berlatih memotret.
Entah sampai kapan aktifitas penambangan batu kapur sekaligus kerusakan alam dan lingkungan  itu akan terus terjadi dan berlangsung di sana.

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

======================================================================



 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :





1 komentar: