Minggu, 01 Juli 2012

Menyimak Proses dan Cara Melakukan Santet


Beberapa orang dengan bertelanjang dada tampak duduk bersila dengan salin berhadapan. Mulut mereka tampak terus berkomat-komat mengucapkan japa mantra. 

Di hadapan mereka terdapat  beraneka sesajen  dan tungku kecil yang terus menguarkan asap dan bau kemenyan. Sementara beberapa orang lainnya yang berpakaian serba hitam tampak bersiaga untuk  membantu .


Begitulah salah satu cara  yang dilakukan dalam proses melakukan santet dalam praktik ilmu hitam. Diakui atau tidak, santet, teluh, tenung atau guna-guna  adalah menjadi bagian budaya yang berkembang di nusantara kita sejak masa lampau.

Santet yang   dilakukan dengan  berbagai cara dan medium itu umumnya bertujuan untuk melukai atau mencelakakan orang lain secara jarak jauh dan kasat mata. Namun jarang sekali praktek santet itu dilakukan secara terbuka dan dilihat oleh banyak orang.

Untunglah di Museum Kesehatan Surabaya memiliki koleksi yang menampilkan  proses dan cara melakukan santet itu dalam bentuk foto-foto yang dipajang dalam  pigura kaca. Foto-foto itu merupakan dokumentasi dari acara  Seminar Budaya Tabloid POSMO Tahun 2002 yang bertajuk Membedah Santet dan Pengobatan Supranatural.

Namun dalam acara itu yang menjadi korban praktek santet itu bukanlah manusia. Namun menggunakan obyek seekor ayam jago yang diikat dan diletakkan di atas meja kayu. Mengawali proses melakukan santet itu melalui beberapa tahapan ritual.

Yang pertama adalah seluruh  anggota dari tim kelompok  yang melakukan santet itu di beri mantera oleh guru mereka. Ritual kemudian berlanjut dengan  menyiapkan  berbagai sesajen dan menaruhnya di  lokasi ritual. Sesajen itu diantaranya berupa kembang , kopi, kemenyan , jarum dan sebagainya. 

 Sang Guru atau dukun dengan  beberapa orang rekannya  itu kemudian duduk bersila  di depan tungku  yang senantiasa ditaburi kemenyan itu  dengan mulutnya yang terus berkomat-kamit. Beberapa orang diantaranya menunjukkan kemampuannya dalam menyemburkan api dari dalam mulutnya. 


Setelah itu tampak beberapa wanita yang juga berpakaian hitam memasuki lokasi ritual. Setelah  melakukan gerakan tarian dengan mengitari lokasi ritual selama beberapa kali, mereka kemudian bergabung dengan sang dukun dan duduk bersila di  di bagian belakang.

Setelah tarian itu usai, sang dukun dan beberapa orang yang duduk bersila di tengah pun  mulai beraksi melakukan santetnya. Dengan berkonsentrasi dan mengerahkan energy dan tenaganya, tiba-tiba  di hadapan mereka tampak mengeluarkan  beberapa berkas cahaya yang terbang dan bergerak  menuju ke a yam jago  sebagai target korban santet.

Berkas cahaya yang bergerak itu ternyata adalah jarum-jarum yang berubah wujudnya  untuk dikirim dan dimasukkan ke tubuh ayam jago melalui ritual santet. Entah bagaimana ekspresi ayam jago itu ketika berkas-berkas  cahaya itu mulai bergerak menuju ke arahnya dan secara perlahan mulai masuk ke dalam tubuhnya.

Setelah semua jarum  ‘ terkirim ‘ dan masuk  ke dalam tubuh ayam melalui ritual santet,  ayam jago  yang malang itu kemudian disembelih untuk melihat dan membuktikan apakah benar jarum-jarum yang disantetkan itu telah masuk ke tubuh ayam dan melukainya.
Setelah ayam disembelih dan dibuka bagian tubuhnya, tampak beberapa buah jarum menancap  pada bagian dalam organ hati dan jantung ayam. 

Menyimak foto-foto tentu terasa cukup menegangkan dan membuat perasaan miris.Terlepas dari  mau percaya atau tidak ataupun susahnya untuk melakukan pembuktian tentang santet itu dengan  pelaku santetnya, namun setidaknya melalui foto-foto itu bisa menunjukkan realitas dan fenomena   bahwa budaya dan ritual santet itu  memang benar-benar ada  dan bisa terjadi di berbagai daerah di nusantara kita.


Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

======================================================================



 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar