Rabu, 29 Agustus 2012

Anjungan Di Pantai Bentar Yang Memprihatinkan


Anjungan itu tampak berantakan dan porak-poranda. Bentuk bangunannya tampak miring dengan kerusakan pada banyak bagiannya. Lantai kayunya bergelombang dan tidak beraturan. Lubang-lubang yang menganga dengan ukuran cukup besar seolah menjadi hiasan pada lantai anjungan.
Begitulah gambaran yang terdapat di anjungan Pantai Bentar yang berada di Kota Probolinggo – Jawa Timur. Mengenaskan dan sangat memprihatinkan ketika saya berkunjung ke wisata pantai itu dan menjumpai anjungan itu.

Betapa tidak, kayu-kayu pada anjungan itu semuanya dalam keadaan yang lapuk. Beberapa kali saya nyaris terjebak menginjak kayu-kayu yang sudah lapuk itu yang menimbulkan bunyi gemeretak ketika sedang diinjak. 

Ketika saya berusaha berpegangan pada kayu pembatas yang ada di tepinya agar tidak terjatuh, ternyata kayu pegangan  itu juga tampak bergoyang-goyang  sebagai indikasi mengalami kerusakan juga.


 
Di anjungan ini memiliki tiga cabang anjungan. Kesemuanya tampak mengalami kerusakan yang cukup parah. Ada yang rusak pada lantai anjungan,  gazebo atau gardu pandang, atau perpaduan antara keduanya. 

Untuk gazebo yang rusak itu selain bangunannya tampak miring, pada bagian atapnya juga tampak berlubang. Sedangkan untuk lantai anjungan yang rusak tampak bergelombang tak beraturan. Paku-paku yang mestinya menancap kuat pada bilah-bilah lantai kayu itu tampak mencuat dan terlepas dari tempatnya.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
Kayu-kayu yang keropos pun bisa dengan mudah dijumpai disana. Banyak pengunjung yang nekat melintasi anjungan yang rusak itu. Tentunya dengan resiko ‘ Jebakan Batman ‘ yang sewaktu-waktu bisa menimpa mereka.

Saya sendiri berusaha untuk mencoba melintasi anjungan yang rusak itu untuk mengetahui dan merasa seberapa jauh tingkat kerusakan dan kelapukan pada anjungan


Namun karena saya merasakan kerusakan anjungan itu terutama pada lantai anjungan yang sangat parah, saya kemudian tidak meneruskan langkah saya melintasi anjungan itu daripada menanggung resiko terjatuh atau terperosok karena kayu-kayunya yang lapuk.
Rusaknya anjungan di Pantai Bentar itu mungkin karena faktor kayu-kayunya  yang sudah waktunya untuk diganti. Selain itu mungkin juga karena begitu kencangnya angin yang berhembus di kawasan pantai ini.

Entah kenapa, rusaknya anjungan Pantai Bentar yang tampak mencolok dan sangat membahayakan bagi pengunjungnya ini tidak segera mendapatkan dari pemerintah dan pihak yang terkait untuk segera melakukan perbaikan.
Bila keadaan anjungan yang rusak parah itu tetap dibiarkan, tentu hal ini akan sangat ironis  dan seolah menjadi sindiran halus dengan adanya banner yang terpasang di halaman depan masuk kawasan ini. 

Pada banner itu terpajang foto Bupati Probolinggo  dan istri yang tampak dengan senyuman bangganya memberi ucapan selamat datang kepada para pengunjung di Pantai Bentar ini.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar