Kamis, 02 Agustus 2012

Indahnya Ruangan Di Masjid Agung Tuban

Bila  melintasi  alun-alun kota Tuban – Jawa Timur, kita akan menjumpai sebuah bangunan yang cukup besar dengan menara-menaranya yang menjulang tinggi. Bangunan itu tampak cukup mencolok dengan warna dan arsitekturnya yang menarik.

 Ya, bangunan itu adalah Masjid Agung Tuban yang  juga menjadi ikon dan land mark Kota Tuban selain Monumen Kuda Ronggolawe. 

Bila dari tampak luar bangunan ini sudah menunjukkan keindahannya, tentu demikian juga dengan keindahan yang ada di ruangan-ruangan di dalamnya.

Memasuki masjid Agung ini seolah semua bagian dan ruangannya mempunyai pesona keindahan tersendiri. Berbagai ornament dan hiasan dengan beragam motif dan warna tampak menghiasi dinding-dindingnya.  Perpaduan warna putih ,  biru muda dan biru tua  yang tampak harmonis mendominasi warna  masjid ini.

Pada bagian depan masjid dan kubah-kubah berukuran kecil di bagian sayap kanan dan kirinya adalah merupakan jejak asli peninggalan bangunan lama masjid ini yang dulu disebut dengan nama Masjid Jamik.

Selebihnya adalah bangunan baru  yang merupakan pengembangan dan pembangunan yang dilakukan pada beberapa tahun yang lalu.


Sedangkan warna putih, biru muda dengan hijau  tua tampak mendominasi ruangan sembahyang utama  dengan terdapat mimbar untuk imam  dan khotib ( pembaca dakwah ). Di ruangan ini terdapat sebuah lampu gantung yang bergaya klasik.

Hampir di setiap bagian ruangan di masjid ini dihiasi dengan pintu dan jendela dengan kaca hias yang berwarna-warni.  Ornamen berbentuk lengkung dan kubah  menghiasi di bagian atasnya. Beberapa  lampu hias dan hiasan yang bertuliskan ayat-ayat Al Qur’an juga tampak menghiasi di  dindingnya.

 
Di bagian depan masjid terdapat kolam air mancur yang sayangnya dan entah kenapa  hanya difungsikan pada saat-saat  tertentu saja. Ketika saya berada di sana suatu malam, kolam dengan air mancur itu tampak tidak ada airnya sama sekali.

Saya sendiri sudah beberapa kali menuliskan liputan blog tentang masjid Agung ini dari berbagai sudut pandang.  Dan liputan tentang keindahan yang ada di dalam ruangan-ruangannya ini menjadi pelengkap liputan tentang pesona Masjid Agung Tuban.

Dengan keindahan dan kekhasan bangunannya, tentu banyak pengunjung yang tak melewatkan kesempatan dengan berfoto ria di Masjid Agung Tuban ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar