Kamis, 23 Agustus 2012

Mengenang RA. Kartini Melalui Foto-Foto Lama


Wanita dalam foto  itu tampak anggun dengan mengenakan busana kebaya dan aksesoris adat  Jawa. Rangkaian bunga yang menghias di bagian bawahnya semakin menambah pesona keagungan wanita yang bernama Raden Ajeng Kartini.

Foto itu berada di bagian depan Museum Kartini yang berada di Kota Rembang – Jawa Tengah.


Foto itu Merupakan salah satu dari banyak foto lama yang berkaitan dengan sosok RA Kartini. Namun pengunjung museum dilarang memotret foto-foto dan benda koleksi museum ini dengan menggunakan lampu blitz.

Menyimak koleksi museum berupa foto-foto lama itu, kita seakan diajak mengenang sosok wanita pahlawan nasional itu dengan berbagai aktifitasnya.


Foto-foto lama yang berkaitan dengan RA. Kartini itu terpajang  dalam beberapa ruangan. Mengawali dengan  menyimak foto yang ada di ruangan I yaitu kamar pribadi RA Kartini di sisi timur, di dalamnya terpajang foto putra dari RA. Kartini yang bernama R.M. Soesalit.  

Yang menarik, beberapa dari foto tentang R.M. Soesalit  saat masa anak-anak itu  ada yang mengenakan pakaian untuk anak perempuan. Sedangkan RM. Soesalit  yang merupakan anak tunggal RA. Kartini  itu berjenis kelamin laki-laki.

 
Menurut penjelasan petugas museum, hal itu dilakukan oleh suami RA. Kartini yaitu  R.M.A.A. Singgih Djojo Adhiningrat  yang berharap dan merindukan kehadiran anak perempuan dalam keluarga mereka.

Sebuah hal yang mengharukan karena RA. Kartini yang lahir: di Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879 itu wafat pada tanggal 17 September 1904 sewaktu melahirkan putra pertamanya itu.

Melanjutkan perjalanan di ruang kedua yang berada di bagian tengah museum, terdapat beberapa foto RA Kartini bersama dua saudara saudara perempuannya yaitu Kardinah dan Roekmini. 

 
Selain itu juga terdapat foto  seorang pria dan seorang wanita berkebangsaan Belanda yang merupakan sahabat RA. Kartini. Kepada mereka, RA. Kartini sering berkirim surat dan berkisah tentang keadaan bangsa dan wanita di Indonesia  dengan  berbagai buah pikiran dan  harapannya.



Sedangkan di Ruangan y`ng ketiga yang berada di bagian belakang museum terdapat  cukup banyak foto  RA. Kartini dalam berbagai pose. Ada yang berfoto dengan suaminya, dua saudara perempuannya, dan sebagainya.

Diantara foto-foto yang ada di ruangan ketiga itu ada foto RA. Kartini  dan dua saudaranya sedang berfoto bersama dengan mengenakan  pakaian Kimono. Ada juga foto RA. Kartini sedang mengajar  bebrapa anak  di Sekolah Kartini dengan menggunakan ruangan di salah satu bagian di pendapa  yang ada di sekitar museum. 

Ada rasa kagum saat saya menyimak foto-foto lama tentang RA. Kartini itu. Namun ada rasa prihatin dan miris juga karena beberapa foto itu ada yang tampak kusam,  berjamur dan terkelupas pada beberapa bagiannya.


Lambat atau cepat . rusaknya foto-foto yang bersejarah itu   bisa  terjadi karena minimnya sarana perawatan foto-fnto tersebut di museum yang dilakukan dengan cara-cara yang biasa dan sederhana.

 
Tentunya hal itu membutuhkan perhatian dari pihak-pihak yang peduli tentang RA. Kartini dan sejarah perjalanan hidupnya. 


  Ini penting untuk dilakukan agar Bangsa Indonesia  tidak kehilangan sepenggal jejak kisah dan sejarah  RA. Kartini  yang berjasa dalam memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia.

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

======================================================================



 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar