Senin, 06 Agustus 2012

Nostalgia Surabaya Dalam Souvenir Roode Brug

Toko  souvenir yang satu ini  memang cukup istimewa. Selain sebagai satu-satunya toko souvenir yang ada di kawasan wisata dan sejarah Monumen Tugu Pahlawan – Surabaya,  toko ini juga  menjual souvenir  yang cukup unik dan khas. 

Keberadaan toko souvenir  ini  dan berbelanja disana seolah bisa menambah kesan dan pengalaman saat berkujung di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.


Sesuai dengan nama dan brand yang diusung yaitu Roode Brug  ( bahasa Belanda ) yang berarti Jembatan Merah dan tagline Tanda Mata Kota Pahlawan , toko mungil   ini menjual berragam souvenir yang berkaitan dengan sejarah bangsa Indonesia yang ada dan terjadi di Surabaya.

Souvenir  itu ada yang berbentuk lencana, pin, kartu pos, buku, T Shirt, topi, helm  serdadu, senjata api kuno, dan sebagainya.

Kesemuanya  dengan gambar atau kisah  sejarah dan perjuangan  yang terjadi di Surabaya  pada  masa lampau.
Melalui souvenir-souvenir itu kita bisa mengetahui bagaimana foto dan bentuk berbagai bangunan kuno dan bersejarah yang ada di Surabaya dengan disertai penjelasan dan kisah tentangnya.
 Selain pajangan berupa dagangan Surabaya Roode Brug , di toko  souvenir  yang berlokasi di sudut barat kawasan Monumen Tugu Pahlawan  ini juga terdapat pajangan lambang  lama kota Surabaya.

 Di sisi lainnya ada  foto-foto  lama dan beberapa  iklan toko  atau usaha yang dimuat dalam media  cetak  dengan bahasa Indonesia dalam ejaan lama. 

Yang menarik, di ruangan ini kita  juga bisa menjumpai  pajangan salinan Surat Keputusan seorang Veteran  pejuang  Indonesia keturunan Tionghoa. 


---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
Harga souvenir di Roode Brug ini cukup terjangkau dengan desain dan kualitas  bahan yang cukup baik. Bentuk kemasannya juga  unik karena menyerupai map dokumen dengan  gambar dan keterangan yang menarik.   

Layak masuk dalam daftar belanja  tentang oleh-oleh yang khas dan mengesankan  bagi Anda  jika berada dan berkunjung di Surabaya.

Roode brug ini selain menjual souvenir , juga merupakan komunitas para penggemar sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia.Mereka sering bertemu dan berkumpul  di toko ini dengan mengadakan berbagai even bertema sejarah dan heroism perjuangan di Surabaya. Lengkap dengan kostum  ala  tempo dulu.

Saat berkunjung ke toko Souvenir  ini, saya juga bertemu dengan tiga anggota komunitas Roode Brug  Surabaya itu yaitu Bro Ady (29 ) , Bro Gepeng (27) dan Bro Sandi  (21).
  
Menurut Bro Ady yang sekaligus juga sebagai pengurus  komunitas dan owner Toko Souvenir  , souvenir ala Roode Brug ini cukup banyak peminatnya, terutama dari wisatawan mancanegara.   Roode Brug ini sendiri  cukup aktif dalam mengadakan even bertema perjuangan.

Dalam sebulan, komunitas Roode Brug  mengadakan 2-3 kegiatan dengan diikuti oleh banyak anggotanya. Komunitas ini memiliki web di www.roodebrugsoerabaia.com

Mereka dengan ramah kemudian  mengajak saya untuk mengikuti even-even  berikutnya yang diadakan oleh Roode brug Surabaya.  Tentu saya sangat  tertarik dan antusias  dengan ajakan itu. Rasanya tak sabar untuk  bisa ikut bergabung dan segera membuat liputan  tentang even-even mereka .  



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar