Jumat, 10 Agustus 2012

Panggung Kesenian HUT Kwan Sing Tee Koen


Bangunan yang menyerupai istana Kaisar di belakang Kelenteng Kwan Sing Bio  - Tuban, Jawa Timur  yang  indah dan megah pada  hari ini tampak berubah menjadi panggung yang cukup besar dan  semakin megah

Beberapa tiang besi dengan banyak tata lampu dan pencahayaan dengan daya yang sangat kuat  terpasang di sekitarnya. Di sekitarnya terdapat deretan kursi yang disediakan  bagi tamu undangan VIP dan  umat kelenteng lainnya.

Panggung itu dibuat dengan memberikan kayu-kayu dan besi penyangga tambahan yang ditempatkan di bagian  halaman dan kolam yang ada di depan istana kaisar . Ada empat layar lebar ditempatkan di sekitarnya untuk membantu menunjukkan aksi kesenian  itu agar tampak jelas bagi pengunjung yang berada di bagian belakang dan tidak menempati tempat duduk. 

 
Panggung kesenian dengan dihiasi oleh ornament ala Tiongkok itulah yang pada malam nanti akan menjadi tempat  penampilan aksi Judika, Chyntia Sari dan artis Malaysia dalam rangkaian memeriahkan hari ulang tahun Kwan Sing Tee Koen yang ke 1850 .
  
Banyak pengunjung yang dipastikan akan mendatangi pentas musik dan kesenian yang akan dimulau jam 7 malam nanti   baik dari  umat kelenteng atau warga kota Tuban. Seperti tahun-tahun yang lalu, pada malam hari di kawasan Kelenteng ini akan ramai sekali dengan pusat acara di panggung kesenian itu. 

  Karena berada tepat di Jalan Raya utama jalur  Semarang – Surabaya, menjelang sore hingga malam nanti jalur pantura itu bisa dipastikan akan dialihkan atau mermabat secara perlahan karena  macet akibat banyaknya pengunjung yang datang menyaksikan acara itu.

Pada tengah malam biasanya ditampilkan juga atraksi kembang api yang cukup lama. Bunyi ledakan dan semburat  cahaya kembang api tentu akan semakin menambah semaraknya suasana disana.
 
 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
Kesibukan sangat terasa pada hari ini di kelenteng Kwan Sing Bio. Selain terlihat dari hilir mudiknya panitia dan pengurus kelenteng, kesibukan itu juga terlihat dari aktifitas dapur umum yang menyediakan makanan gratis bagi pengunjung.

Namun bagi mereka yang muslim tentu dilarang untuk ikut menikmati makanan gratis itu. Pasalnya daging yang digunakan dalam masakan dan makanan itu banyak yang menggunakan daging babi. 

Babi-babi  itu   merupakan sumbangan dari umat kelenteng yang ritual pengorbanannya dilakukan di altar bangunan kelenteng utama. 

Setelah babi-babi itu diberi doa dan disemayamkan beberapa saat, babi-babi  itulah  yang kemudian dibawa ke dapur umum untuk diolah dan disantap bersama.  

 

Acara ulang tahun Kwan Sing Tee Koen ini masih akan berlanjut esok hari dengan agenda sembahyang dan  doa bersama umat kelenteng Kwan Sing Bio  yang akan dilaksanakan jam 7 pagi dan jam 11 siang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar