Kamis, 09 Agustus 2012

Semaraknya Ulang Tahun Kwan Sing Tee Koen

Selama tiga hari dari tgl 8-10 September 2012, suasana di kelenteng Kwan Sing Bio – Tuban, Jawa Timur tampak sangat semarak.

 Di bagian depan dan sekitar kelenteng ini terdapat banyak hiasan umbul-umbul yang berwarna kuning dan merah. Dii umubul-umbul itu tertulis kalimat HUT Kwan Sing Tee Koen.

Yup, tradisi tahunan memang sedang berlangsung di kelenteng yang cukup megah dan luas ini, yaitu tradisi ulang tahun Kwan Sing Tee Koen. Kali ini adalah hari ulang tahun Kwan Sing Tee Koen yang ke 1850.

Kwan Sing Tee Koen atau yang lebih dikenal dengan nama Kwan Kong adalah Kongco atau Dewa utama di Kelenteng Kwan Sing Bio. Kwan Sing Tee Koen adalah seorang jenderal Perang di Kerajaan Sam Kok dalam legenda dan sejarah Tiongkok.

 

Banyak pengunjung dari berbagai daerah di nusantara menyempatkan diri untuk mendatangi acara ini. Di antara mereka bahkan ada yang sampai menginap beberapa hari di ruangan-ruangan yang ada di sekitar kelenteng. Salah satunya adalah di Ruangan Sembilan Gada Suci yang berada di tengah kawasan kelenteng.

Begitu juga dengan banyak pedagang yang menjual berragam jenis dagangan seperti pakaian, makanan dan minuman, obat, rokok, pernak-pernik yang berkaitan dengan umat Tionghoa dan sebagainya. 

 
Mereka  menempati stand-stand yang berada di sebelah barat kelenteng ikut menyemarakkan suasana. 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================

Pertunjukan wayang kulit dan kesenian ala Tionkok juga ikut menyemarakkan Ulang Tahun Kwan Sing Tee Koen ini. 

Sebagai acara puncak akan dilakukan berbagai kegiatan pada hari ini dengan pertunjukan kesenian yang menempati panggung yang cukup besar dan megah di Bangunan Istana Ala Kaisar di bagelakang kelenteng. 
  
Berbagai ritual dan persembahyangan dilakukan di bangunan kelenteng utama. Di antara umat itu ada yang menyumbang lilin dengan berbagai ukuran. Ada juga umat yang melakukan ritual melepas burung, penyu atau kura-kura dengan maksud dan tujuan tertentu.

Liputan tentang meriah dan semaraknya Ulang Tahun Kwan Sing Tee Koen ini akan saya tuliskan segera dalam artikel lainnya di blog ini juga.



2 komentar:

  1. katanya ada cherry belle juga tu bener pa gak min?

    BalasHapus
  2. Gak ada.

    tdi konfirmasi terbaru yg ada tu JUDIKA n Chyintia Sari + artis Malaysia neh.

    BalasHapus