Rabu, 01 Agustus 2012

Wisata Religi Di Makam Maulana Malik Ibrahim - Gresik



Seperti halnya Kota Tuban, ada yang istimewa dengan Kota Gresik – Jawa timur. Di daerah yang berbatasan dengan Surabaya ini banyak terdapat makam para penyebar Ajaran Islam dan aulia lainnya.



Selain makam Sunan Giri, di Gresik juga terdapat makam Syekh Maulana Malik Ibrahim yang juga menjadi salah satu tujuan wisata Siarah Walisongo dan wisata religi lainnya.Syekh Maulana Malik Ibrahim yang juga disebut Sunan Gresik ini berada di desa Gapura Sukolilo, sekitar 200 meter arah timur dari alun-alun Kota Gresik.



Makam Maulana Malik Ibrahim berada di tepi jalan raya sehingga bisa terlihat ioleh siapa saja yang melintas di jalan itu. Memasuki kompleks makam ini di bagian depannya terdapat sebuah gapura kuno yang berbentuk Paduraksa yang tidak begitu lebar pintu masuknya.



Kompleks Makam Sang Sunan tampak bersih dan terawatt dengan baik. Makam itu berada dalam naungan sebuah cungkup yang berbentuk Joglo dan terbuat dari kayu jati.Cungkup itu cukup luas dan lega tanpa ada dinding penyekatnya sama sekali sehingga pengunjung bisa melihat makam itu dengan jelas dan dari jarak dekat.



Makam Maulana Malik Ibrahim berada di bagian tengah cungkup itu dengan diberi pagar besi yang sederhana. Ada tiga makam kuno di dalamnya yang batu nisannya berselbung kain putih berona hijau pastel dengan bahan dan warna yang hampir sama. Tetapi ketiga makam itu memiliki ornament dan ukuran yang sedikit berbeda.

 Makam Maulana Malik Ibrahim berada di sebelah kiri yang bersanding dengan makam sang isteri Syayyidah Siti Fatimah, dan makam putranya yaitu Syekh Maulana Maghfur.

Di sisi depan makam terdapat ornamen ayat-ayat al-Qur’an. Namun sayang karena untuk ornamen pada makam Syekh Maulana Maghfur tampak sudah terkelupas pada beberapa bagiannya.

Di sekitar makam Sang Sunan dikelilingi oleh banyak makam kuno lainnya. Beberapa diantaranya terdapat makam dengan batu nisan yang bertuliskan huruf Arab.Salah satu makam kuno itu adalah Makam Maulana Ishak, yaitu saudara Maulana Malik Ibrahim, dan ayah dari Sunan Giri. Di sebelah makam itu juga terdapat Makam Syekh Maulana Makhrubi.
 Maulana Malik Ibrahim wafat pada hari Senin 12 Rabi’ul Awwal 822 Hijriah. Setahun sekali pada tgl 12 bulan Rabiul Awal , di kompleks ini diadakan Haul untuk mengenang sosok Sang Sunan.

Berdampingan dengan lokasi yang sama terdapat sebuah gapura kuno yang ternyata merupakan gerbang kompleks makam KT. Poespo Negoro , yaitu Bupati Gresik yang pertama dengan para kerabatnya.
Kompleks pemakaman kuno  Bupati Gresik itu juga banyak didatangi oleh para peziarah dan peminat wisata religi lainnya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar