Rabu, 19 September 2012

Indahnya Masjid Agung Raudlatul Jannah Di Probolinggo


Di setiap kota tentu terdapat sebuah masjid Agung yang umumnya berlokasi di pusat kota. Masjid Agung itu memiliki bentuk dan gaya bangunan yang berbeda-beda dengan berbagai pesona keindahannya.

Salah satunya adalah Masjid Agung Raudlatul Jannah yang berada di pusat kota Probolinggo – Jawa Timur.
 
Masjid ini cukup megah dengan arstitekturnya yang artistik.Bangunan masjid berlantai dua. Pada bagian dalam kubah masjid  terdapat hiasan sebuah lampu gantung yang berukuran cukup besar.

Sedangkan di sekelilingnya terdapat ornamen  jendela berbentuk lingkaran yang seolah berfungsi  menjadi lampu penerang pada masjid.
 
Ruangan di dalam Masjid Agung   ini  didominasi oleh warna hijau dengan hamparan sajadah yang berwarna merah. Di dalam ruangan masjid ini banyak terdapat pilar-pilar yang juga berfungsi sebagai  tempat untuk meletakkan  kitab Al Quran.

Pada bagian pengimaman terdapat ornament yang cukup menarik dengan terdapat mimbar khotib untuk membacakan khotbah.Mimbar itu terbuat dari kayu jati dan berwana coklat dengan ornament beberapa kubah kecil di bagian atasnya dan bermotif ukir-ukiran.


 

Di teras bagian depan masjid ini terdapat sebuah bedug yang cukup besar dan indah. Pada bagian tengah bedug terdapat hiasan  ukir-ukiran dengan motif bunga dan tulisan nama masjid ini.

  Selain itu juga terdapat beberapa jam kayu dengan model bandul lonceng yang  kuno.
 
Masjid yang dijaga oleh petugas keamanan ini pada sore hari digunakan untuk mengajar membaca Al Qur’an bagi anak-anak.

Bila berkunjung ke masjid ini pada sore hari, bisa dipastikan akan terdengar hiruk pikuk aktifitas dan suasana dalam mengajar tentang membaca Al Quran itu pada anak-anak.  

Dari alun-alun kota Probolinggo, bangunan masjid ini bisa terlihat dengan begitu megahnya. Sayang karena terhalang oleh rimbunnya pepohonan besar yang berada di alun-alun pada bagian depannya, menjadikan sosok masjid Agung ini hanya terlihat bagian kubah dan menaranya saja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar