Jumat, 07 September 2012

Pura Luhur Poten Di Lautan Pasir Gunung Bromo


Ada banyak keindahan yang bisa kita nikmati di kawasan  Gunung Bromo – Jawa Timur.

 
Salah satunya adalah keindahan tentang sebuah bangunan pura yang berada di lautan pasirnya yang maha luas. Pura itu bernama Pura Luhur Poten Gunung Bromo,

Pura ini merupakan pusat ibadah bagi Suku Tengger yang mayoritas beragama Hindu yang tinggal di daerah sekitar gunung Bromo. 


Dari kejauhan bentuk bangunannya sepintas seperti bangunan candi dengan dominasi warna hitam keabu-abuan.

Lokasi Pura ini cukup jauh juga dari kawah Gunung Bromo. Bila dipandang dari puncak kawah Gunung Bromo, kompleks pura ini bagaikan sebidang kotak kecil dengan garis tepinya yang berwarna hitam.
   
 
Bangunan Pura Luhur Poten  Gunung Bromo sangat menarik.Pada bagian depannya bangunan gerbang yang berbentuk seperti bangunan Candi Bentar. Gerbang itu terdapat pada kedua sisi depan kompleks pura.

Di  samping kanan dan kiri gerbang itu terdapat arca Dwarapala. Arca –arca itu dikeramatkan oleh warga yang tampak dari adanya bekas sesajian di dekatnya. 


Sayang, saat  saya berkunjung ke Gunung Bromo ini, Pura Luhur Poten itu tampak tertutup dan sunyi senyap karena tak ada aktifitas  ibadah umat Hindu.  


Di pura ini lah yang menjadi titik pusat kegiatan upacara adat suku Tengger  yang  sangat terkenal karena keeksotisannya  seperti  Hari Raya Karo, Yadnya Kasada dan Unan-Unan.

 
Pada upacara Kasada, pada tengah malam  yang dimulai tepat  pukul 24.00 di pura ini dilakukan pelantikan Mangku Dukun yang baru dan pemberkatan umat .Mangku Dukun adalah pemimpin umatdalam bidang keagamaan bagi  masyarakat Tengger. 

 
Yang menarik, sebelum dilantik dan dikukuhkan, para Mangku Dukun itu  harus lulus ujian dalam acara yang  biasa disebut dengan nama Mulunen ini . Mulunen dilakukan bila dukun sebelumnya telah meninggal dunia atau sudah tidak bisa menjalankan tugasnya sebagai dukun.




Pengujian di Pura Luhur Poten Gunung  Bromo ini merupakan tahap paling berat bagi calon mangku Dukun. Hal karena acara itu dilakukan tepat pukul 2.00 dini hari, saat kabut tebal dan hawa yang sangat dingin menyelubungi kawasan  pura.

 

Pengujian itu dilakukan satu persatu yang  dipandu oleh  koordinator dukun Tengger.  Di hadapan dukun-dukun senior dan banyak umat Hindu yang memenuhi Lautan Pasir itu,

Sang calon dukun harus membacakan dua bab mantra kesadha dengan pengucapan yang tak boleh terputus atau lupa.



Tentu bukan ujian yang mudah, karena mantra yang harus diucap bisa 1 jam panjangnya dan dengan menggunakan bahasa Jawa Kuno.
Dari Pura Luhur Poten ini, adat istiadat yang berlansgung setahun sekali itu  kemudian berlanjut menuju ke kawah Gunung Bromo untuk melemparkan berbagai sesajian ke kawah Gunung Bromo.

Keberadaan Pura Luhur Poten dengan berbagai adapt dan tradisi warga di sekitar Gunung Bromo itu seakan menambah lengkap pesona Keindahan Gunung Bromo ini.
Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

======================================================================



 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :





1 komentar: