Jumat, 28 September 2012

Rumah Kuno Peninggalan Masa Belanda Di Guci Alit


Kawasan wisata di Kebun Kertowono  yang berada di Kecamatan Guci Lumajang – Jawa Timur memang indah dan menarik.

Selain disana terdapat kebun teh dan pepohonan di sekitanya  yang tampak asri dan menyejukkan, di wisata ini juga terdapat pabrik teh  dan rumah kuno peninggalan Belanda.
Rumah kuno itu berada dalam kompleks yang berjarak sekitar 100 meter dari pabrik teh dan  merupakan rumah dinas dari pimpinan PT Perkebunan Nasional  XII  – Kebun Kertowono ini .


Sayang, saat saya berkunjung kesana saya tidak berhasil mendapat ijin dari pimpinan perusahaan karena beliau sedang keluar kota, saya hanya bisa melihat rumah kuno itu dari kejauhan saja.

Rumah kuno itu terdiri dari beberapa bangunan dengan nuansa kolonial Belanda sangat terasa pada gaya dan bentuk arsitektur rumah kuno itu. Bentuk atap,jendela, pilar-pilar dan sebagainya menegaskan nuansa bangunan kuno  ala era kolonial Belanda.
  
Melihat dari tampak luar bangunan, rasanya bangunan itu masih dalam keadaan seperti aslinya tanpa ada perubahan sama sekali. Warnanya pun tampak kusam dengan dengan dominasi warna putih dan coklat.Bahkan atapnya yang terbuat dari seng tampak berubah warna karena telah berkarat.  
 
 Di sekitar rumah dinas ini terdapat pepohonan yang rindang. Beraneka jenis tanaman dengan bunganya yang indah tampak menghiasi halamannya. Di bagian depan rumah ini terdapat  taman dengan ornamen  patung wanita .
   -----------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  







================================================================
 
Berada di tempat ini dengan suasananya yang asri dan sejuk, saya bisa membayangkan bagaimana nuansa rumah dinas dan perkebunan ini pada masa lampau. Rasanya tak ada yang banyak berubah.Rasanya pula,  rumah kuno ini sangat cocok untuk lokasi syuting film yang bertema klasik. Atau juga bisa menjadi spot  pemotretan untuk  fashion, pre wedding dan sebagainya.


Dari informasi media cetak yang pernah saya baca, salah satu dari rumah kuno itu difungsikan sebagai guest house yang bisa disewa oleh para pengunjung untuk menginap dan bermalam . Sayang, saya tidak bisa tahu  rumah yang mana yang  bisa disewa itu dan berapa tarif sewanya.   

 
Lepas dari itu, berkunjung ke Kebun Kertowono ini menjadi salah satu bagian yang indah dan mengesankan dari rangkaian perjalanan dan penjelajahan saya menikmati Indahnya INDONESIA.  


Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar