Senin, 29 Oktober 2012

Barong Banyuwangi Yang Indah Dan Eksotis

Kesenian Barong tentu identik dengan Barong yang berasal dari pulau Bali. Selain itu, ternyata ada juga kesenian Barong yang hampir sama yaitu Barong dari  Banyuwangi .Di daerah yang berdekatan dengan Pulau Bali  ini terdapat beberapa jenis kesenian Barong berdasarkan nama asal daerahnya.

Walau belum pernah menyaksikan pentas kesenian Barong itu secara langsung di Banyuwangi, saya merasa beruntung bisa menyaksikan kesenian Barong ini pada karnaval Budaya di kota Surabaya pada beberapa waktu yang lalu.
Dalam pawai itu tampak rombongan kesenian Barong Banyuwangi yang tampil secara atraktif dengan beragam kostum dan aksesorisnya. Begitu pula dengan peralatan musiknya yang memainkan irama yang rancak dan dinamis.
Di bagian depan terdapat dua yang memainkan karakter yang berwajah cukup menyeramkan. Dua makhluk yang bermahkota itu tampak  menyeramkan dengan rambut yang panjang dan  gigi yang  bertaring.Bahkan pada salah satunya terdapat tanduk di kepalanya.

Kedua karakter tersebut merupakan perwujudan dari dua kesatria yang sedang berperang dalam ejarah kesenian Barong. Di belakangnya terdapat dua makhluk barong yang bentuknya cukup unik dan aneh.Setiap Barong dimainkan oleh dua orang pria dewasa.

Tak jelas Barong tersebut merupakan perwujudan dari makhluk apa karena berbentuk seperti kuda tetapi  terdapat dua sayap pada tubuhnya. Sedangkan pada wajahnya juga tampak  cukup menyeramkan.Di bagian atas tubuh sang Barong terdapat mahkota dengan berbagai hiasannya yang indah. Lembaran kain yang beraneka warna dan jalinan kain yang terurai juga menghiasi tubuh Barong.
=======================================================================
Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog  



Indahnya Panorama Pantai Pasir Putih Di Situbondo
Aksi Roode Brug Surabaya Peduli Veteran
Situs Giri Kedaton Peningggalan Sunan Giri
Nasi Krawu yang Nikmat dan Khas Gresik
Menyimak Jejak R.A. KArtini Di Museum 
Artefak Di Kawasan Makam Sunan Bonang 
Mengenang RA Kartini Melalui Foto-Foto Lama






================================================================

Selama perjalanan, kedua sosok seram dan kedua Barong tersebut beratraksi dengan melakukan gerakan-gerakan yang sangat indah dan dinamis. Saya merasa salut dan terpukau menayksikan keindahan pada gerakan dan atraksi mereka.

Konon di daerah asalnya yaitu Banyuwangi, kesenian Barong iniditampilkan dalam beberapa acara khusus seperti sedekah bumi dan selamatan di desa  dengan tak lupa menyiapkan aneka sesajian sebelum mementaskannya.

Ada yang mengisahkan, Barong Banyuwangi bermula dari pertarungan dua bangsawan Sakti dari Bali dan Blambangan - Banyuwangi, yaitu Minak Bedewang dan Alit Sawung. Tanpa sebab yang jelas, mereka terlibat pertarungan hebat tanpa henti dalam waktu yang lama.Dengan kesaktiannya, kedua kesatria itu bisa merubah wujudnya menjadi Barong.

Walau berkesan sakral, pada saat ini Kesenian Barong sudah menjadi pertunjukan yang bersifat hiburan sehingga biasa dipentaskan pada saat pesta perkawinan, khitanan atau acara hajatan lainnya. Kesenian ini merupakan seni rakyat yang mengandung ciri khas Banyuwangi dalam hal musik, tari, dialog dan ceritanya.

Bagi saya, Barong Banyuwangi merupakan  sebuah kesenian tradisional yang sangat indah dan mengesankan.








2 komentar:

  1. barong banyuwangi, jadi kangen rumah cak.

    BalasHapus
  2. saya barusan melihat dengan nyata kesenian barong itu, indah dan mistis.

    BalasHapus