Senin, 08 Oktober 2012

Karapan Sapi Brujul Yang Unik Dari Probolinggo


Mendengar nama Karapan Sapi tentu hal yang biasa. Tradisi dan budaya  ini merupakan perlombaan tradisional yang biasa diadakan di Madura,  yang  menggunakan sapi  dan joki seorang pria sebagai pesertanya. Tetapi bila mendengar Karapan Sapi Brujul, tentu masih terasa asing dan jarang terdengar.


Karapan Sapi Brujul merupakan tradisi dan budaya yang khas dari Kabupaten Probolinggo – Jawa Timur.Walaupun belum pernah melihat Karapan Sapi Brujul ini pada even lomba yang sebenarnya di lapangan, saya merasa  beruntung  bisa menjumpainya dalam even karnaval budaya yang diadakan di kota ini pada beberapa waktu yang lalu.



Bentuk dan perlombaannya hampir sama dengan karapan sapi pada umumnya. Namun yang unik, sepasang sapi yang digunakan dalam karapan sapi Brujul ini adalah sapi yang masih tampak sangat kecil dan usia yang  belia sekali.Postur tubuhnya juga  tampak masih ringkih. 
  
Saya  merasa iba juga pada sapi-sapi itu karena dalam usia yang masih belia harus dieksploitasi untuk sebuah kompetisi. Berbeda halnya dengan karapan sapi umumnya yang menggunakan sapi yang telah berusia dewasa dengan postur dan fisik tubuh yang kuat . 
 
 
Sapi-sapi dalam karapan sapi brujul itu dihiasi dengan berbagai ornament dan aksesoris yang indah dan atraktif. Perlengkapan yang terbuat dari kayu itu selain untuk tetap menyatukan sepasang sapi itu selama dalam kompetisi, juga sebagai tempat bagi sang joki untuk berdiri dan mengendalikan sapi.
  ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================





Beberapa pria dewasa menyertai sapi-sapi itu dan bertindak  sebagai tim suksesnya. Mereka ada yang membawa dan memainkan alat musik yang berupa kendang, kenong dan soren untuk memeriahkan suasana.
 
Nama Karapan Sapi Brujul itu diberikan karena sapi yang digunakan masih  “ Brujul “  atau  berusia muda.Sapi-sapi  itu diberi perawatan dan perlakuan yang khusus terutama dari segi makanan dan gizinya. 

Karena, sebagai sapi pilihan, sapi-sapi itu diharapkan bisa menjadi yang tangguh dan menjadi pemenang dalam  kompetisi. 


Karapan Sapi Brujul ini banyak berkembang di daerah-daerah di Probolinggo. Salah satunya adalah di kecamatan Kedopok.  
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar