Minggu, 21 Oktober 2012

Pameran Benda-benda Kuno Di Surabaya

Kipas angin itu berwarna hitam dan berbentuk kuno. Bila tidak melihat adanya empat bilah baling-baling di bagian depannya, bagi yang belum tahu tentu tak akan menyangka kalau benda tersebut adalah kipas angin produksi masa lampau.Apalagi kipas angin itu terasa  sangat berat sekali ketika saya  coba untuk mengangkatnya.

Kipas angin itu merupakan salah satu benda kuno yang ditampilkan di stand Roode Brug Soerabaia dalam Sparkling Surabaya Touristm Fiesta 2012 yang diadakan di Tunjungan Plasa dari tgl 19-21 Okotber 2012. 

Roode Brug Soerabaia adalah sebuah komunitas penikmat dan pegiat hal-hal yang berhubungan dengan sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia yang terjadi di Surabaya.
Selain kipas angin kuno,  dalam even itu Roode Brug Soerabaia juga menampilkan benda-benda kuno lainnya yang berupa mesin ketik, telepon, jam beker, tempat minum, helm, dan terompet.


 Benda-benda kuno tersebut adalah milik Dukut Widodo, seorang  sejarahwan  di Surabaya yang telah menghasilkan karya berbagai buku  bertema sejarah dan budaya. 

Yang menarik, ada juga sebuah radio kuno yang menyiarkan pidato Bung Tomo yang menyerukan penolakan dan perlawanan pejuang dan Arek-arek Surabaya terhadap ultimatum tentara Sekutu  pada bulan November 1945.

Karena radio kuno itu sudah tidak bisa berfungsi, ternyata suara pidato Bung Tomo itu berasal dari piranti MP3 yang dipasang di dalam radio.Selain benda-benda kuno dalam betnuk aslinya, stand ini juga menampilkan replika senjata -senjata  kuno yang dulu digunakan oleh para pejuang Indonesia. 

Menurut Ady Erlianto Setyawan, ST. dari Roode Brug  Soerabaia, selama pameran, stand Roode Brug Soerabaia ini mendapat minat dan perhatian yang istimewa dari pengunjung.Mereka tampak antusias menyimak benda-benda kunodan foto-foto lama  tersebut beserta penjelasan dari anggota Roode Brug Soerabaia yang sedang  bertugas.

---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
Apalagi stand ini juga menyediakan kostum bagi pengunjung yang ingin mengenakan pakaian-pakaian pejuang pada masa lampau itu untuk bergaya dan berfoto ria dengan berbagai properti ala Roode Brug.

Bahkan dengan keunikan pakaian yang dikenakan oleh anggota Roode Brug Soerabaya itu, banyak pengunjung pameran yang mengajak mereka untuk berfoto bersama.

Dalam pameran itu yang berlangsung sejak jam 10 pagi hingga jam 10 malam itu juga ada banyak pengunjung pameran yang tertarik dan membeli berbagai merchandise ala Roode Brug berupa T-shirt, pin dan sebagainya .

Merchandise tersebut sangat ekslusif  dengan desain yang cukup bagus dan terbuat dari bahan yang berkualitas. Apalagi harganya juga cukup terjangkau.

Partisipasi Roode Brug Soerabaia  dalam even tentang pariwisata di kota Surabaya ini menjadi salah satu agenda dari berbagai kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh komunitas ini.

 Patut diapresiasi sebagai bagian dalam upaya  mengenalkan sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia di Surabaya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar