Rabu, 24 Oktober 2012

Patung dan Ornamen Indah Di Makam Belanda

Patung berwujud sosok gadis malaikat yang bersayap itu tampak membawa rangkaian bunga. Pada bagian bawahnya terdapat makam dengan batu nisan yang bertulis dalam bahasa Belanda tentang jenazah yang dimakamkan di sana. 

Nisan makam itu juga tampak berhias dengan relief ukiran bunga dan wajah dua anak kecil yang bersayap di sudut bagian bawah.

Patung yang indah dan artistik tesebut adalah salah satu ornamen yang menghias pada salah satu makam kuno di kawasan pemakaman Belanda di Peneleh - Surabaya. Di kawasan pemakaman ini banyak terdapat makam kuno lainnya peninggalan masa kolonial Belanda  di Surabaya.

Sangat menarik bagi saya ketika mengunjungi pemakaman ini. Diantara ratusan dan bahkan ribuan makam yang ada, banyak diantaranya yang berhias dengan berbagai ornamen yang indah. Baik yang berupa patung, relief, bentuk bangunan makam dan sebagainya.

Patung dan ornamen-ornamen hiasan itu terbuat dari batu marmer, batu putih, batu yang disemen, dan besi tempa. Bentuknya pun bermacam-macam. Ada yang berbentuk relief dan Patung Yesus, Bunda Maria, Gadis, anak-anak, salib dan ornamen-ornamen beerbentuk abstrak lainnya.

Simaklah patung yang satu ini.Tampak ornamen patung berbentuk seorang gadis yang sedang bersandar pada sebuah salib. Nada sendu terpancar pada wajahnya dan pada tangan kirinya dia memegang rangkaian bunga. Detail guratan pada pakaian, wajah dan tubuhnya tampak tergarap dengan begitu halus, rapi dan ekspresif.

Ada juga patung lainnya yang berbentuk gadis malaikat yang bersayap dengan tekstur pahatan yang serupa.Tampak seperti sebuah karya patung ala Eropa.


Begitu pula dengan patung berbentuk Yesus dengan detail pada bentuk tubuh dan jubahnya. Ornamen bersosok Yesus yang sedang berdiri dengan memegang tongkat salibnya dan berada di belakang dua orang pria juga bisa dijumpai pada makam lainnya.

Makam-makam dengan patung dan ornamen yang tampak indah dan megah itu konon menandakan bahwa jenazah yang dimakamkan itu berasal dari keluarga dan lingkungan orang yang mampu dan kaya.

 
Karena keunikan dan keindahan pada makam-makam Belanda itu, banyak pengunjung makam yang memanfaatkannya sebagai lokasi pemotretan untuk fashion, pre wedding dan kegiatan pemotretan lainnya.
Sayang, diantara sekian banyak makam tersebut , ada cukup banyak pula makam yang dirusak dan dijarah oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.Semoga saja , makam-makam dengan ornamen dan patung  yang indah dan masih tersisa itu segera mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah setempat dan pihak-pihak yang terkait untuk melindunginya dari kerusakan.

Karena makam-makam kuno dengan segala ornamennya tersebut merupakan jejak peradaban masa lampau yang bisa menjadi asset wisata sejarah dan budaya.

Artikel Lainnya tentang Makam Peneleh ini bisa Anda Baca dengan Langsung MengKLIK Link-link  di bawah ini :

Kawasan Pemakaman Belanda Di Makam Peneleh
Misteri Lubang Besar Di Makam Belanda
Patung Kuno Yang Dijarah Di Makam Belanda 
Makam Residen Belanda Yang Terlantar Di Peneleh

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

======================================================================



 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :















2 komentar:

  1. Penempatan water mark di foto-foto itu cukup mengganggu keindahannya.

    BalasHapus