Selasa, 09 Oktober 2012

Tips Berwisata Di Gunung Bromo Dengan Nyaman


Mendengar nama Gunung Bromo, tentu terbayang dalam benak kita tentang pesona keindahannya. Namun setelah berkunjung ke sana, ternyata tanpa ada persiapan khusus bisa menjadikan kunjungan Anda ke wisata tersebut menjadi kurang  nyaman.


Hal ini karena wisata Gunung Bromo berada pada lokasi dan medan yang cukup ekstrem dan membutuhkan perjuangan tersendiri. Nah, agar tujuan dan kunjungan Anda bisa terasa nyaman dalam menikmati pesona keindahan Gunung Bromo, berikut ini ada beberapa tips.


Saat yang paling nyaman dan indah menikmati wisata Gunung Bromo adalah di waktu pagi dan sore hari dengan panorama fajar dan senjanya yang menawan. Suhu dan cuaca juga terasa sejuk. 


Bila ada dana yang cukup atau berlebih, usahakan untuk menginap selama semalam atau beberapa hari disana karena lokasinya yang cukup jauh dengan medan perjalanan yang cukup berat. Sambil menginap, Anda bisa menyimak aktifitas dengan pesona kekhasan dan  keunikan warga Suku Tengger yang tinggal di sekitar Gunung Bromo.


Usahakan untuk melindungi tubuh dan kulit Anda karena di luar musim hujan, selepas pagi hawa dan cuaca di Gunung Bromo sangat terik dan menyengat sekali.


Bawa pakaian tebal untuk malam hingga fajar karena hawa pegungan yang cukup dingin dan pakain yang secukupnya pada siang hari .  Bawa  juga topi dan kacamata untuk melindungi Anda dari badai pasar dan debu yang banyak terjadi di lokasi. Tak adanya tempat untuk berteduh atau berlindung sama sekali, mengharuskan  Anda siap-siap untuk menerima terpaaan badai pasir dan debu itu yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.



Bawa masker atau lembaran kain berupa syal, scarf, slayer atau sarung yang bisa membantu melindungi tubuh dan wajah  Anda dari terpaan badai pasir dan debu. Ada banyak wisatawan baik lokal dan nusantara yang membawa kain-kain itu untuk melindungi mereka saat terjadi badai pasir dan debu. Bahkan ada juga turis  wanita dari mancanegara yang mengenakan  sarung bermotif batik sebagai pelindung diri.
=======================================================================
Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog   







================================================================

       
Bila waktu Anda berkunjung selepas pagi hari,  sebaiknya Anda menggunakan sepatu dan kaos kaki  dan tidak menggunakan sandal yang terbuka. Pasir dan debu yang cukup panas di kawasannya akan mengganggu kenyamanan langkah kaki Anda
 

Bawalah persediaan air minum yang cukup. Karena di kawasan  sekitar laut pasir dan Gunung Bromo  ini tak ada pedagang atau toko yang menjual air minum. Kalaupun ada yang menjual air minum di toko-toko di luar kawasan wisata ini, harganya cukup mahal disbanding dengan harga pada umumnya.


Saat meniti tangga menuju ke kawah Gunung Bromo dan sebaliknya, jangan segan atau malu untuk melintasinya secara perlahan dan berpegangan pada  pagar pengamannya. Karena pagar pengaman itu sendiri ada banyak yang rusak parah dan bahkan putus, usahakan Anda untuk beringsut dan berpindah dengan berpegangan pada pagar pengaman di sisi lainnya.

 
Tetap bersikap waspada dan hati-hati saat melintasi tangga itu. Selain cukup sempit dengan alas tangga yang licin karena pasir, ketinggian tangga juga sangat curam mendekati sudut kemiringan 85 derajat. Ceroboh dalam melangkahkan kaki, akan membuat Anda terpeleset dan terjatuh dari tangga itu.   


Dengan tips sederhana itu, semoga kunjungan dan wisata Anda bisa nyaman dan berkesan dalam menikmati keindahan Gunung Bromo.



Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 
di Link berikut ini :


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar