Kamis, 04 Oktober 2012

Wisata Dokar Hias Di Kota Bondowoso


Bondowoso  adalah  kota kecil di Jawa Timur. Namun kota ini cukup menarik untuk dikunjungi karena memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah alun-alun yang berada di pusat kota. Di kawasan ini selain terdapat taman dengan beraneka jenis tanaman, juga terdapat monumen Gerbong Maut yang bersejarah.

Selain itu,  di alun-alun Bondowoso kita bisa menjumpai sarana transportasi wisata berupa dokar hias. Sesuai dengan namanya, angkutan dengan menggunakan penggerak berupa hewan kuda itu tampak penuh dengan hiasan dan ornamen yang indah dan atraktif.

Tampak berbeda dengan dokar-dokar di daerah lainnya yang biasanya minimalis atau menggunakan hiasan dan ornamen yang seadanya. Rasanya, masing-masing pemilik dokar hias itu totalitas dalam menghias dokarnya. Mereka menuangkan eskpresi rasa seninya dengan menghias dokar.

Hiasan dokar itu ada yang berupa bunga-bunga plastik, topeng , payung atau lukisan yang artistik. Bahkan diantara kuda itu terdapat lukisan yang berkisah tentang Nyi Roro Kidul sedang mengendarai kereta kencananya di tengah samudra. Nyi Roro Kidul adalah tokoh mitos dan legenda yang sangat terkenal sebagai penguasa gaib lautan di Pulau Jawa.

Setiap hari, di alun-alun ada sekitar 6 dokar hias yang mangkal di depan masjid Agung Kota Bondowoso. Yang menarik, mereka tidak pernah berrebut dalam mencari penumpang. Bagi mereka, jika ada warga yang mendekati dokar mereka dan berminat untuk menaikinya, berarti itulah rezeki bagi sang pemilik dokar. Apalagi para pemilik dokar itu juga berasal dan tinggal berdekatan dalam desa yang sama.

Mereka biasanya mulai mangkal di alun-alun sejak pukul 4 sore hingga pukul 9 malam. Untuk menaiki dokar hias itu, sang kusir mengutip jasa Rp 15.000 untuk keliling alun-alun dan Rp 25.000 untuk keliling kota.

Menurut Pak hadi (52), salah seorang kusir, dalam sehari masing-masing kusir bisa mendapatkan hasil minimal Rp 75.000 dari usaha dokar hiasnya di alun-alun. Tak jarang, dokar hias mereka disewa untuk pre wedding, mengarak pengantin pada acara perkawinan dan hajatan lainnya yang diadakan oleh warga ,instansi pemerintahan dan perusahaan lainnya.

Bahkan menurut Pak  Hadi , saat even Jember Fashion Carnival tahun 2012 pada beberapa waktu yang lalu ada dokar hias milik mereka yang disewa untuk mengarak Anang dan Ashanty yang datang menyemarakkan even itu.Dokar-dokar hias itu sendiri tampak cukup bersih dan terawat dengan baik. Tidak ada nuansa kusam atau sensasi bau ala kotoran kuda yang cukup menyengat.

Dengan bentuk dan penampilannya yang sangat menawan, tentu dokar hias itu menarik banyak perhatian. Banyak warga yang asyik berfoto ria dengan menggunakan dokar hias itu sebagai latar belakangnya.

Bila Anda berkunjung ke alun-alun Bondowoso, jangan lupa sempatkanwaktu  untuk menikmati kenangan dengan dokar-dokar hias itu meyusuri jalanan di kota Bondowoso. 

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :







 








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar