Kamis, 27 Juni 2013

Jejak Senjata Pertempuran Di Jambore Sejarah Militer

Dua orang remaja pada siang itu  tampak mengamati sebuah senjata tempur kuno. Sedangkan remaja lainnya sedang serius mengamati bentuk selongsong peluru.

Pada bagian lainnya, seorang pria sedang asyik mengamati  sebuah teropong kuno.

Setelah menyimaknya selama beberapa saat, dengan penuh rasa penasaran, mereka kemudian beralih melihat koleksi benda-benda bersejarah yang menarik yang dipamerkan di stand lainnya.

 


Stand-stand itu sendiri berada dalam naungan tenda raksasa yang biasa digunakan oleh militer sebagai bentuk perhatian dan dukungan dari  Batalyon Arhanudse-8 Gedangan di Sidoarjo.

Begitulah gambaran suasana dalam Jambore Sejarah Militer yang diadakan di kawasan wisata sejarah dan perjuangan Monumen Tugu Pahlawan - Surabaya pada hari Minggu tgl 23 Juni 2013.


Tentu acara itu  sangat menarik bagi siapa saja , utamanya bagi mereka yang minat dengan  kegiatan  dan tema sejarah, militer dan perjuangan.



Dalam kegiatan itu memamerkan benda benda bersejarah berupa  Peninggalan WW I (World War 1 / perang dunia 1)  dan  WW II (World War 2 / Perang dunia 2 ) .

Koleksi itu terdiri dari Seragam dan perlengkapan militer US, Germany, Uni So­viet, Korea dan sebagainya, serta Seragam dan perlengkapan Era kemerdekaan Indonesia 1945.  

______________________________


 
Layanan untuk Web Hosting dan Domain Anda :






 _____________________________

Selain itu juga ada  Seragam dan perlengkapan Era setelah kemerdekaan Indonesia 1945 “ non TNI/Polri aktif ,dan  Koleksi museum tugu pahlawan Surabaya  yang  berupa senjata SMB & SMR era kemerdekaan 1945.



Di acara itu saya menjumpai bayonet Mannlicher  yang merupakan bagian dari senapan  milik tentara KNIL Hindia Belanda. 



Ada juga beberapa tas dalam berbagai bentuk yang dulunya digunakan oleh pasukan-pasukan yang berperang baik dari Inggris, Belanda , Jepang , dan sebagainya.


Beberapa diantara tas itu juga dilengkapi dengan tempat minum yang terbuat dari aluminium, besi dan sebagainya. Yang menarik, ada juga tempat minum milik tentara Indonesia yaitu PETA yang terbuat dari batok kelapa utuh dan berlubang di bagian atasnya.


Pada stan lainnya tampak deretan helm yang tampak kusam. Helm-helm yang cukup berat karena terbuat dari besi  itu juga merupakan jejak pertempuran akrena dulu digunakan oleh  pasukan tentara  dari berbagai negara.

Di stand ini terlihat banyak remaja yang berfoto ria dengan berpose mengenakan helm-helm kuno itu.


Stand dari Paguyuban Pengumpul Gombal Amoh ( PPGA ) juga tak kalah menariknya. Stand ini menampilkan koleksi berupa emblem, brevet, baret dan sebagainya dari berbagai korps  militer di dunia. 

Banyak diantara koleksinya itu yang merupakan barang langka dan susah untuk mendapatkannya. 

Menurut Meneer Rifky dari Roode Brug Soerabaia, dalam  kegiatan ini,diharapkan  mampu bersinergi dalam mengumpulkan rekan-rekan semua dalam suatu wadah kegiatan positif terhadap kecintaan hobby militer dunia .




Sehingga  kegiatan ini bermanfaat dengan berbagi wawasan dan pengetahuan mengenai peninggalan-pen­inggalan benda sejarah militer terhadap masyarakat luas.

Sebelum acara Jambore Sejarah Militer ini, di kawasan ini juga ditampilkan aksi teatrikal Surabaya Teritori Suci yang dimainkan oleh Roode Brug Soerabaia yang dibantu oleh komunitas sejarah dan perjuangan lainnya di Surabaya.

Sedangkan usai jam 12 siang, acara kemudian dilanjutkan dengan wisata sejarah napak tilas ke Benteng Kedung Cowek yang legendaris.



=====================================================================

Break Session :


Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
 
 
 

Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk


Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 

Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna









===============================================================




Tidak ada komentar:

Posting Komentar