Sabtu, 07 April 2012

Pagoda Sembilan Lantai Di Kenteng Kwan Sing Bio


Seolah melengkapi kemegahan Bangunan nya, Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban -  Jawa Timur  akan membangun Pagoda Sembilan Lantai yang diperkirakan menelan dana  senilai Rp 17 miliar.

Hal ini terlihat adanya beberapa banner dengan  Gambar Rencana bentuk bangunan pagoda itu yang dipasang di  ruangan sebelah timur bangunan kelenteng utama.
 
Selain itu  juga dengan adanya maket dan miniatur rencana pembangunan pagoda itu di ruangan Serba Guna yang berada di depan bangunan ala  Istana  Kaisar di Kelenteng.
 

Direncanakan Pagoda Sembilan  lantai itu dibangun di atas lahan seluas 5.000 M2 (0,5 ha). Ada dua rencana lokasi pembangunan pagoda itu yaitu di kawasan Pantai Utara yang ada di depan kelenteng  dan  di lokasi Belakang kompleks kelenteng.

Untuk rencana lokasi yang  pertama tentu akan menghadapi masalah perizinan terkait dengan  pengaruh dan dampak pembangunan pagoda  pada lingkungan pantai di sekitarnya. 
Sedangkan untuk rencana lokasi yang kedua mungkin bisa menjadi Alternatif  mengingat masih luasnya areal di bagian belakang  kompleks kelenteng. 

Tetapi untuk rencana yang ini juga menghadapi  masalah dalam hal perizinan pembangunannya oleh Pemerintah Daerah setempat.
 

Melihat maket dan Miniatur bangunan Pagoda Sembilan Lantai  itu  sudah bisa terbayang bagaimana indah dan megahnya bangunan Pagoda Sembilan Lantai itu kelak.  
 

Pada bagian depan tampak beberapa Patung berwarna kuning emas yang terdiri dari seorang Dewa dalam kepercayaan  Tionghoa yang diapit dengan sepasang Anak-anak dan sepasang  harimau.


  
Menuju ke pagoda Utama terdapat taman di sekitarnya dengan bangunan sepasang pagoda pendamping di kanan kirinya yang ukuran dan ketinggiannya lebih kecil. Selain itu juga terdapat deretan gazebo atau gardu pandang.
   
 
Pada bangunan Pagoda utama juga dijaga oleh dua Ornamen Patungberwarna kuning emas dan dikelilingi oleh beberapa gazebo.

Di tengah bangunan pagoda nantinya juga disiapkan tangga lift, sehingga akan mempermudah pengunjung naik turun dari lantai ke lantai. Sedangkan bangunan lantai dasarnya seluas 20 x 20 meter dikelilingi taman dan fasilitas umum lainnya.

 Pada prinsipnya proyek ini untuk kepentingan wisata religi  dan kelengkapan fasilitas peribadatan yang  terbuka bagi siapapun yang datang ke kelenteng Kwan Sing Bio.

Namun rencana pembangunan Pagoda Sembilan  Lantai itu tampaknya belum bisa dipastikan kapan mulai bisa dilakukan mengingat masih adanya  kendala dalam hal perizinannya.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar