Selasa, 03 April 2012

Ikon Ala Nazi di Kelenteng Kwan Sing Bio


Ornamen yang mirip dengan  Ikon Nazi ala Hitler ternyata  juga terdapat di kelenteng Kwan Sing  Bio, TubanJawa Timur. Lambang yang dikenal dengan nama Swastika itu berada di Ruangan serba guna yang cukup luas dan di dalamnya terdapat Relief  Legenda 8 Dewa.
 
Swastika adalah lambang  dari aliran Buddha Mahayana Kasunyatan yang mengakui adanya Arya Sangha, kedamaian jasmani dan rohani di dunia maupun di nirwana. Selain itu juga melambangkan kesuksesan dan hati sang Buddha.


Karena lambang itu berada di bagian langit-langit atau plafon ruangan, tak banyak yang mengetahuinya bila tidak menengadahkan kepalanya di ruangan itu.
Ternyata, lambang dengan dua huruf  Z yang berwarna merah,  saling bertumpuk dan berputar arahnya itu memang  menjadi ciri atau  lambang  Khas yang biasa terdapat di kuil atau Kelenteng

Para  tokoh agama di tempat peribadatan seperti itu biasanya menggunakannya sebagai ornamen  di Tasbih atau ruangan-ruangan lainnya.  Bahkan beberapa murid perguruan ilmu bela diri Shaolin banyak yang menjadikan lambang itu sebagai gambar tattoo di bagian tubuh atau kepalanya yang botak.


 
Selain Swastika, juga terdapat  ikon  Yin dan Yang. Bentuknya  yang terdiri dari dua Lingkaran berwarna hitam dan putih itu  melambangkan keseimbangan pada Alam semesta. 
 
Arti dari simbol Yin dan Yang itu sendiri adalah putaran roda yang tak ada ujung pangkalnya dalam berbagai hal. Warna putih ( Yang )  adalah Sang Terang, sedangkan warna hitam ( Yin )  adalah Sang Gelap. Begitulah makna Yin dan Yang.
 
 Ada juga gambar Genta Rohani yaitu semacam lonceng atau Genta  yang berwarna orange dengan hiasan huruf Cina di bagian tengahnya.  Genta Rohani adalah lambang dari ajaran Kong Hu  Cu yang mempunyai makna penyuluh kehidupan. Sedangkan warna keemasan  bermakna keluhuran budi  yang mempunyai cita-cita tinggi sebagai insan yang beriman dan berkepribadian tinggi.
Ketiga ikon tersebut adalah simbol ajaran Tri Dharma yang merupakan ajaran tiga agama dengan pendekatan yang berbeda tetapi memiliki inti ajaran yang sama. Merupakan satu kesatuan yang saling mengisi dan melengkapi yaitu Budha, Tao dan Konghucu.



Ajaran Tri Dharma ini memiliki makna bahwa kehidupan di dunia selalu berdasarkankeharmonisan antara manusia dan alam semesta yang menajdi dasar bagi manusia untuk menjalani kehidupannya.
  Adanya ketiga ikon itu menjadi khazanah  pengetahuan  bagi pengunjung kelenteng tentang tradisi dan budaya ala Tionghoa.

2 komentar:

  1. berbeda bgt dgn kelenteng di kota saya.

    www.unikgaul.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkaitan ikon yg mirip ikon nazi memang benar tapi jika kita benar2 mengamati dengan seksama maka ada perbedaan, baik gambarnya maupun maknanya. jadi jika hanya sekilas memang mirip.

      www.goorganic-kesehatan.blogspot.com
      thegooh.setyo@gmail.com

      Hapus