Sabtu, 16 Februari 2013

Mushola Dan Masjid Unik Di Dalam Gua

Tempat ibadah bagi umat islam berupa mushola dan masjid umumnya berada di atas permukaan tanah.

Tetapi untuk mushola dan masjid yang ada di daerah Tuban - Jawa Timur ini cukup unik karena berada di dalam gua.

_____________________________________ 
____________________________________

Dengan keunikannya itu, tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke Mushola baitul Akbar dan masjid Aschabul Kahfie dan menyempatkan diri dengan  beribadah disana. 
 
Sambil menikmati keindahan dan keunikan bangunannya , mereka bisa merasakan pengalaman yang mengesankan dengan beribadah di antara lorong dan lerung gua.
1. Mushola Baitul Akbar di Gua Akbar 
  
Gua Akbar adalah salah satu gua yang berada di Kabupaten Tuban - Jawa Timur.
Gua yang menjadi salah satu  destinasi  wisata unggulan di Bumi Ronggolawe ini cukup menarik untuk dikunjungi karena memiliki  banyak lorong dan relung gua yang panjang dan luas.
Berbagai bentuk Stalaktit,  stalakmit dan ornamen khas gua lainnya bisa dijumpai di gua ini.


Yang menarik, di Gua Akbar terdapat sebuah mushola yang cukup unik karena lokasinya yang berada di dalam gua.  
Tempat ibadah umat Muslim  yang diberi nama Mushola Akbar ini letaknya di lorong  sebelum  keluar dari dalam gua Akbar. Karena itu, banyak pengunjung  Gua Akbar yang setelah mengelilingi Gua ini kemudian menyempatkan diri beribadah di mushola Akbar. 
 Seolah untuk  merasakan dan melengkapi nikmatnya pengalaman berwisata di Gua Akbar.
Karena berada di dalam gua, mushola ini pun dindingnya masih Alami  berupa stalaktit dan stalakmit dalam berbagai bentuk yang beberapa diantaranya senantiasa meneteskan Air. Pada beberapa bagian dalam mushola ini dilengkapi dengan lampu penerang dengan pendar sinar dan cahayanya yang artistik.
 
Untuk kenyamanan pengunjung yang beribadah, pada Lantai mushola telah dikeramik dan pada langit-langitnya juga diberi atap tambahan.Di depan mushola Akbar terdapat relung gua yang sangat  luas dengan terdapat 1 set meja kursi terbuat dari akar Kayu jati. 
Di relung gua itu biasanya digunakan untuk beristirahat para pengunjung gua atau untuk  menanti rekan dan keluarganya yang sedang beribadah di dalam mushola.
Mushola Akbar ini sendiri cukup luas juga. 
Bila sedang berkunjung ke sana dan tidak cermat melihat Papan Nama nya atau menolehkan pandangan ke sebelah kiri saat melintasi lorong gua yang terakhir sebelum keluar dari dalam gua,  bisa jadi  pesona unik dan keindahan Mushola Akbar ini  akan terlewatkan begitu saja.
Pasalnya, selain papan namanya yang terbuat dari papan kayu berukuran kecil, juga karena lokasinya yang seolah tersembunyi di lorong di balik Gerbang ' batu ' alami gua.
 
2. Masjid Aschabul Kahfie di dalam Gua 



Melintasi  Jalan Gedongombo di Kecamatan Semanding, Kabupaten TubanJawa Timur, atau sekitar 4 km arah timur dari Pusat Kota terdapat sebuah bangunan yang cukup Aneh, unik dan menarik. 
Bangunan itu berada diantara deretan Warung di kanan dan kirinya atau  deretan mobil dan bis yang parkir di depannya.Selain karena bentuknya yang tampak aneh, Warna bangunannya juga sangat Beragam dan  Atraktif
 
Bangunan apakah itu ?
Di atas bangunan itu terdapat papan nama yang tertuliskan huruf  besar : Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi . Selain itu juga terdapat tulisan Arab dan tulisan dalam huruf  Jawa .
Membaca namanya saja sudah cukup unik dan menarik perhatian. Masjid ini memang berada di perut bumi atau di dalam Gua alami
Sedangkan bangunan aneh dan mencolok dengan berbagai Relief nya yang tampak  dari atas permukaan  itu adalah kubah masjid yang berada di atas permukaan tanah.
Kubah masjid itu penuh dengan goresan ayat-ayat Al Qur’an dan beberapa diantaranya  berbentuk  seperti  tulisan  dalam rajah. 
Rajah adalah  semacam jimat atau Pegangan  dengan tulisan Arab dan Gambar-gambar  tertentu yang biasanya dituliskan dalam lembaran Kertas, kain, Kayu atau media lainnya.
Adalah KH. Shubhan, seorang Ulama dari Tuban yang mempunyai ide dan gagasan untuk memanfaatkan goa alami yang terdapat di kawasan yang cukup gersang, tandus dan berbatu itu. KH. Shubhan itu juga yang menjadi arsitek dan pengarah pembangunan masjid itu.
 
Upaya pembangunan masjid itu sudah berlangsung sejak belasan tahun yang lalu dan masih berlanjut hingga sampai saat ini.Selain terdapat masjid, di Gua itu juga terdapat  Ruangan dan bangunan lainnya.
 
Karena berada di dalam gua, untuk memasukinya tentu harus dengan menuruni dan melewati lorong-lorong gua yang ada. Sebagian besar dari Gua itu sudah dirombak penampilannya dengan sentuhan  dan citra Rasa seni.
Melewati  ruangan dan bagian masjid membuat kita  seolah lupa bahwa sedang berada di dalam gua. Namun seolah berada di dalam Taman di Dunia lain.
 Kemegahan bangunan di dalam gua ini bisa Anda Baca lebih lengkap di posting artikel lainnya di blog ini juga yaitu di link : Indah dan Gemerlapnya Istana Dalam Gua.
Sedangkan sebagian bangunan gua lainnya masih dibiarkan tetap Alami. Setiap hari, masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi ini senantiasa ramai dikunjungi oleh  orang-orang yang berwisata religi. 


Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

======================================================================



 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar