Senin, 16 Juli 2012

Indahnya INDONESIA Dalam Karnaval Budaya - Tuban

Cukup menarik ketika menyaksikan Karnaval Budaya Tingkat pelajar di kota Tubanpadahari Senin sore tgl 16 Juli 2012. Menyaksikan karnaval yang menampilkan keanekaragaman tradsidan budaya  itu terasa  membawa kita pada kekaguman  kita tentang indahnya INDONESIA.
Mereka menampilkan kekayaan nusantara itu melalui busana adat tradisonal, tari-tarian, tradisi dan budaya Nusantara.

Ada juga peserta yang menampilkan busana pengantin tradisional  seperti daerah  Banyuwangi,Solo,Yogyakarta,Betawi,Tuban dan sebagainya.

Ada juga  peserta yang menampilkan  dalam bentuk replika seperti tradisi Gunungan dari Yogyakarta, Ngaben dari Bali,Ondel-ondel dari Betawi dan sebagainya.


Untuk kesenian tradisional yang tampil secara liveshow selama karnaval  juga ada.Diantaranya adalah kesenian JaranJenggo dari Lamongan dan Reog dari Ponorogo.

-------------------------------------------------------------------------------------------------
Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  








================================================================
Karnaval Budaya itu berangkat dari depan Kantor Bupati Tuban dengan route  Jl. Kartini – Jl. Panglima Sudirman – Jl. Pattimura – Jl. Basuki Rahmad dan berakhir di Gedung Olah Raga  Jl. Sunan Kalijogo.
Berbagai pendidikan sekolah mulai dari tingkat Sekolah Menengah Pertama, madrasah Tsanawiyah, Madrayah Aliyah, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah menengah Kejuruan yang ada di tuban mengerahkan timnya untuk mengikuti karnawal ini.
     
Berbagai sekolah itu tampak mengerahkan ide dan konsepnya dalam karnaval ini yang dituangkan dalam bentuk busana, tata rias dan properti  lainnya seperti kereta kuda, mobil hias dan sebagainya. 
Kesemuanya  berada dalam benang merah tentang keanekaragaman tradisi dan budaya Indonesia.
Peserta karnaval itu tampak begitu bersemangat dan percaya  dengan berpenampilan prima diri selama mengkuti  karnaval .
 Baik bagi mereka  yang  mengendarai kuda, kereta kencana, kereta hias, mobil hias  maupun yang dengan berjalan kaki.
Begitu pula beraneka warna busana yang mereka kenakan berpadu dengan beraneka warna bunga segar pada kereta hias dan mobil hias, menjadikan Karnaval Budaya  Tingkat Pelajar yang dimeriahkan oleh beberapa group Drum Band  ini tampak berlangsung dengan meriah dan semarak.
Menikmati Karnaval Budaya ini membawa kita melihat  miniatur tentang  betapa Kaya dan Indahnya  tradisi dan budaya INDONESIA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar