Minggu, 17 Juni 2012

Relief 3D Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Kelenteng Kwan Sing Bio di Tuban - Jawa Timur, seolah tak ada habisnya untuk dieksplorasi keindahan dan daya tariknya. Kali ini adalah tentang jalan  menuju ke Istana Kaisar yang berada di sebelah barat kelenteng dekat area parkir.


 Di lorong jalan yang cukup luas dan panjang dengan pilar-pilarnya berhias ornamen naga dan burung hong  ini pada dindingnya terdapat beberapa ornamen relief yang masing-masing berukuran cukup besar dan panjang.


Relief yang pertama bergambar peta  wilayah negara Indonesia yang berada di sebelah barat.


Sedangkan di sebelah timurnya terdapat relief peta wilayah negara Republik China.


Melangkahkan kaki selanjutnya terdapat relief jumbo juga. relief itu bergambar Candi Borobudur di sebelah barat dan relief Tembok Raksasa di sebelah timur.


 Sepintas tak ada yang istimewa pada relief Candi Borobudur dan tembok Raksasa itu. 


Namun jika dicermati dengan seksama, ada kesan dan nuansa 3 Dimensi pada relief-relief itu. Mungkin hal ini terasa karena begitu halus penggarapan relief itu dengan detailnya yang ekspresif dan natural.


Simak saja pada salah satu bagian relief di Tembok Raksasa ini. Jika Anda memandangi bagian  relief yang sama ini  dengan  bergerak secara perlahan, arah dan prespektif relief ini seakan ikut bergerak dengan selaras mengikuti pandangan mata.

 ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  





================================================================

Foto relief dilihat dari sudut kanan.

 
Foto relief dilihat dari tengah.


 Foto relief dari sudut kiri.


Karena keindahan dan keunikan  relief-relief itu, banyak pengunjung Kelenteng Kwan Sing Bio yang menggunakannya sebagai latar belakang untuk berfoto ria.


Relief-relief itu sendiri seakan menjadi simbol tentang harmonisnya hubungan yang erat antara dua negara yaitu Indonesia yang menampilkan Candi Borobudur dan Negera China yang menampilkan Tembok Raksasa. 


Yang pasti, relief-relief itu bisa menjadi salah satu pilihan lokasi foto kenangan untuk bernarsis ria bagi pengunjung  ketika berada di Kelenteng Kwan Sing Bio. 
Anda tertarik juga untuk berfoto di sana ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar