Selasa, 28 Agustus 2012

Arca-arca Kuno Di Pemandian Banyu Biru


Pemandian Banyu Biru yang berada di Desa Sumberrejo   Kecamatan Winongan , Kabupaten Pasuruan – Jawa Timur ternyata tidak hanya memiliki pesona dan nuansa kesegaran dengan sumber airt alaminya yang jernih dan melimpah. Namun juga memiliki pesona sejarah yang adi luhung.


Di wisata yang terletak sekitar  25 km  dari pusat kota ini terdapat beberapa benda purbakala dan bersejarah  yang berupa arca-arca kuno. Benda-benda itu  bisa menjadi penanda  keagungan peradaban dan budaya pada masa lampau.

Arca-arca kuno itu ditempatkan tidak jauh dari kolam pemandian dan dalam satu lokasi yang diberi pagar besi sebagai pelindungnya.  


Arca-arca itu terdiri dari arca Ganesha, Agastya, Kala, Dewi Durga, Jaladwara ( saluran air dengan hiasan kepala naga ) , resi atau pendeta dan beberapa arca lainnya yang kurang jelas tekstur dan wujudnya.

Ada juga arca yang sudah tidak utuh lagi karena terpotong menjadi beberapa bagian. 
Arca-arca itu dulunya terebar di berbagai lokasi dalam kawasan wisata ini yang kemudian dikumpulkan dalam satu lokasi untuk memudahkan dalam pengawasan dan perlindungannya.


Yang menarik, di lokasi itu juga terdapat prasasti yang bertuliskan dalam bahasa Belanda yang berbunyi  “ Overgenomen en Opniewgerestaureerd Door den Regentschaps Raad Van Pasoeoroean – Januari 1929. “.

Prasasti yang juga dalam keadaan tidak utuh dan terpotong menjadi beberapa bagian itu menjelaskan bahwa pemandian ini telah diambil alih dan diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan pada Januari 1929.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================


Keberadaan arca-arca kuno ini cukup menarik bagi pengunjung. Namun karena tidak adanya papan informasi tentang adanya arca-arca kuno itu  di Wisata Banyu Biru, bisa jadi banyak pengunjung wisata ini yang tidak tahu tentang benda-benda kuno itu tanpa menebarkan pandangan ke sekitar lokasi dengan cermat.

 
Saya sendiri hampir saja  tidak mengetahui keberadaan  arca-arca yang sangat menarik  itu sesaat sebelum keluar dari lokasi.Selain yang ada dalam satu lokasi, ada juga sebuah arca kuno lainnya berwujud kepala Kala yang  berada  di dekat pohon beringin.   

Arca Kala itu yang tampak menyeramkan karena berupa kepala dan wajah sosok raksasa itu  menyendiri dan terpisah karena lokasinya tepat di dekat kolam pemandian atau sekitar 70 meter  dari tempat dikumpulkannya arca-arca lainnya.


Adanya arca-arca kuno itu semakin menambah kuat asumsi bagi banyak orang bahwa pemandian ini merupakan sumber air kuno yang ada keterkaitannya dengan sejarah 
kerajaan Majapahit di masa lampau.

 




kerajaan Majapahit di masa lampau.kerajaan Majapahit di masa lampau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar