Selasa, 24 Juli 2012

Nasi Krawu Yang Nikmat Dan Khas Gresik

Berkunjung ke kota Gresik – Jawa timur terasa kurang lengkap jika kita tidak merasakan nikmatnya  Nasi Krawu yang menjadi  makanan khas daerah ini.  


Nasi Krawu ini banyak dijual di berbagai warung, rumah makan atau depot  yang tersebar di berbagai tempat di kota Gresik.


Salah satu kawasan yang menjual nasi Krawu ini berada di Pujasera di sebelah utara alun-alun kota Gresik. Namun untuk penjual yang berada di pujasera alun-alun  ini hanya bisa dijumpai pada saat sore dan malam hari saja.

Nasi krawu memang cukup terasa nikmat. Sepintas bentuknya seperti nasi rames atau nasi campur dengan nasi yang pulen dan lauk-pauknya berupa sayatan daging sapi,serundeng ( parutan kelapa yang digoreng )  dan sambel terasi yang dicampur dengan sedikit petis ikan /udang. Serundeng itu sendiri terdiri dari dua warna dengan dua rasa.

Daging sapi  itu sendiri tidak disajikan dalam bentuk potongan utuh, tetapi dalam bentuk seperti abon daging yang disuwar-suwir ( disayat dalam bentuk dan ukuran kecil mengikuti arah serat dagingnya ) dengan kuah santannya yang berwana coklat dan bersantan.


Adanya sambel terasi ikan/udang itulah yang semakin menambah nikmatnya Nasi Krawu. Harga seporsi Nasi Krawu yang saya nikmati di alun-alun Gresik pada malam hari itu cukup murah yaitu Rp 13.500 plus segelas es jeruk.

Bila ingin menambah jenis lauk-pauknya tersedia daging sapi goreng,paru goreng, babat goreng, telur dadar, telur rebus, perkedel, udang goreng, ayam goreng dan sebagainya. Tentu harga Nasi Krawu juga bertambah mengikuti jenis lauk-pauk tambahan.
  --------------------------------------------------------------------------------------------------------
Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  








================================================================
Namun sayang, karena  porsi nasi yang cukup sedkit dengan lauk-pauknya yang beragam dan kuah gurihnya yang mirip semur daging, rasanya seporsi Nasi Krawu itu masih terasa kurang dan ingin menambah lagi.

Nama Nasi Krawu ini konon berasal dari kata  kata krawukan yang artinya diambil dengan jari tangan (krawuk).  Karena memang saat makanan ini disajikan dengan daun pisang atau piring dengan cara  diambilkan oleh sang pembuat dengan menggunakan jari-jari tangannya. 


Untuk menikmatinya, disarankan untuk menggunakan tangan, bukan dengan sendok atau garpu.  
Menurut Dukut Imam Widodo, penulis sekaligus sejarahwan dan budayawan yang menulis buku   tentang sejarah dan budaya  kota Gresik menuturkan bahwa Nasi Krawu ini sudah ada sejak masa lampau.


Yang unik,  ternyata Nasi Krawu  ini menurutnya bukanlah makanan khas Gresik. Karena makanan itu sudah sejak lama menajdi budaya yang  biasa dibuat dan dijual oleh orang-orang  yang berasal dari Madura. Mereka banyak  yang berjualan Nasi Krawu di  Gresik atau  memang sudah lama menetap di Gresik.

Karena begitu banyaknya orang Madura yang berada di Gresik dan membuat atau menjual Nasi Krawu itulah yang kemudian menjadikan Nasi Krawu ini  kemudian tampak menjadi makanan khas Gresik.
Terlepas dari latar belakang sejarahnya, yang jelas Nasi Krawu ini memang cukup beda dan nikmat sekali.  Menjadi salah satu daftar makanan khas yang patut Anda coba dan nikmati ketika berkunjung atau berada di Kota yang banyak terdapat bangunan kuno dan bersejarah  ini.


3 komentar:

  1. bikin laper aja nih boss ......he...he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangga dipun dahar kemawon Sekul Krawunipun.

      xixixixix....

      ( Agan pasti Bingung artinya deh. )

      Hapus
  2. Mantabs bos agunk tulisan na anda berhasil membuat ane ngiler, tulisan na tajam dan lengkap sampai ada foto bersejarah juga, ane penggemar nasi krawu juga klo lagi pengen biasana makan di pujasera lotteMart pasar rebo, nasi krawu neng Ris namania, enak juga nasi krawu na sambal terasi na mantab. ada blog na ni cekidot : http://nasikraugresik.blogspot.com/

    BalasHapus