Rabu, 29 Agustus 2012

Pesawat Nomad TNI Angkatan Laut Di Museum Probolinggo



Pesawat Udara milik TNI Angkatan Laut ternyata bisa  menjadi monumen kebanggaan bagi warga. Salah satunya adalah pesawat jenis Nomad .  Ada banyak pesawat udara jenis ini yang menjadi monumen  di Jawa Timur. Salah satunya yaitu berada di Museum  Kota Probolinggo yang berlokasi di Jalan Suroyo. 

Monumen pesawat itu menjadi salah satu ‘ pengawal museum ‘ ini bersama dengan lokomotif kuno dan tank milik Marinir.

Pesawat udara yang berwarna abu-abu itu terpajang dengan gagahya di halaman depan Museum Probolinfgo. Cukup menarik ketika melihat dan menyimak pesawat intai yang pada masa aktifnya digunakan sebagai pesawat patroli maritim oleh TNI Angkatan Laut.

Pesawat yang pada ekor pesawatnya bernomer  P-830  itu berasal dari negara Australia dan dibuat pada tahun 1982 oleh industri  pesawat GAF. Dengan menggunakan bahan bakar avtur, pesawat ini memiliki panjang 12,57 meter , lebar 16,46 meter dan tinggi 5.53 meter.

Pesawat memiliki berat kosong 2.676 kg dan berat maksimum 3878 kg. Dengan kecepatan jelajah 133 knots, pesawat memiliki kecepatan ekonomis 133 knots dan kecepatan maksimal 172 knots.

 
Pesawat ini mulai masuk dan digunakan dalam dinas TNI Angkatan Laut sejak
 30 November 1997 dengan waktu lama terbang 5 jam 10 menit.  Selama aktif  itu , pesawat ini digunakan dalam Operasi Halilintar,  Operasi Timor Gap,  Operaso Trisula, Operasi Seroja dan Operasi Ambalat.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================

 
Sedangkan pesawat itu mulai dipajang di museum ini pada tgl 13 April 2011 dengan  perakitan dan display pesawat dilakukan oleh anggota TNI Angkatan Laut dari pangkalan militer di Surabaya.

Keberadaan pesawat Nomad P-830 di Museum Probolinggo ini tentunya menjadi kebanggaan bagi warga di daerah yang berjulukan  Kota Mangga ini. 

 Dalam setiap harinya, lokasi di sekitar monument pesawat ini menjadi tempat untuk berkumpul warga yang ingin bersantai atau berfoto ria.

Dengan adanya pesawat itu juga diharapkan biasa menjadi salah satu landmark di Kota Probolinggo.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar