Jumat, 10 Agustus 2012

Meriahnya Perayaan HUT Kwan Sing Tee Koen

Megah dan Meriah, begitulah kesan saat perayaan hari ulang tahun Kongco ( Dewa ) Kwan Sing Tee Koen atau Dewa Kwan Kong  yang ke 1850 di Kelenteng Kwan Sing Bio, Tuban pada hari Jum’at 10 Agustus 2012. Acara ini diadakan di bangunan Istana Kaisar yan g berada di bagian belakang kelenteng.
Bangunan Istana Kaisar yang tampak megah dengan halamannya yang luas itu ditata sedemikian rupa sehingga menjadi panggung kesenian yang cukup luas dengan banyak pengunjung. Mereka tampak antusias datang ke acara ini karena merupakan hiburan yang cukup menarik.
Panggung kesenian itu dilengkapi dengan banyak lampu dengan tata pencahayaan yang sangat kuat artistik dan sound system yang prima. Acara peringatan dimulai tepat pukul 7 malam dengan dibuka oleh tari-tarian dan kibaran benda merah putih.
 
Acara berikutnya adalah sambutan-sambutan dari berbagai pihak, pengurus kelenteng Kwan Sing Bio dan dan panitia . 
Setelah itu dilanjutkan dengan aksi olah vocal yang menawan dari artis ibukota yaitu Cynthia Sari dan Judika dan artis dari Malaysia. Mereka menampilkan lagu-lagu hitsnya.
Di tengah acara hiburan lagu-lagu itu dilakukan acara lelang perhiasan milik kelenteng Kwan Sing Bio.
Lelang perhiasan itu dilakukan untuk mengumpulkan  dana yang akan digunakan untuk pelestarian kelenteng Kwan Sing Bio dengan berbagai aktifitasnya. 
Perhiasan yang dilelang berupa kalung dengan liontin berbentuk Dewa dan Dewi dalam tradisi dan budaya Tiongkok seperti Dewa Kwan Sing Tee Koen, Dewa Uang, Dewi Kwan Im dan sebagainya . Banyak undangan tamu VIP yang umumnya adalah orang-orang kaya itu yang tertarik dan antusias dalam mengikuti lelang. 
Harga penawaran awal lelang setiap perhiasan berkisar Rp 10-50 juta yang dalam pelaksanaan lelang kemudian melonjak melebihi harga penawaran awal. 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
Sebagai gambaran, ada sebuah perhiasan yang pada harga penawaran awalnya Rp 20 juta ternyata dimenangkan oleh peserta dalam lelang dengan harga dua atau tiga kali lipatnya.
 Perhiasan yang dilelang itu sendiri bukan perhiasan biasa. Namun perhiasan milik Kelenteng Kwan Sing Bio yang selama lima tahun menjadi perhiasan yang menghiasi arca Dewa Kwan Sing Tee Koen yang dikeramatkan di kelenteng ini. 
Dari acara lelang beberapa perhiasan itu akhirnya bisa mengumpulkan dana ratusan juta rupiah.
 
Usai acara lelang adalah pertunjukan kesenian yang sangat dinantikan oleh hadirin yaitu gelar tari kolosal yang bentuknya seperti operet dengan tarian dan lagu-lagu berbahasa Mandarin. 
 
Acara ini sangat menarik dengan konsep cerita dengan kostum dan aksesoris yang atraktif dan berwarna-warni dalam berbagai bentuk.
Acara perayaan ulang Tahun Kongco Kwan Sing Tee Koen ini berlangsung samapai pukul 24.00 lebih. 
 
Walau acara sudah usai, ternyata banyak pengunjung yang tetap bertahan di lokasi ini sambil begadang. Mereka umunya adalah umat kelenteng yang akan mengikuti acara sembahyang bersama keesokan harinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar