Selasa, 07 Agustus 2012

Ngabuburit Bersama Surabaya Heritage Track

Sore itu tampak beberapa orang sedang berkumpul di halaman A Café – House Of Sampoerna. Mereka tampak antusias untuk mengikuti even Ngabuburit Bersama Surabaya Heritage Track. 

Even ini adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh House Of Sampoerna sebagai bagian dalam menyemarakkan bulan Ramadhan.

Peserta Ngabuburit  Bersama Surabaya Heritage Track ini terbuka bagi siapa saja. Tentunya setelah mereka mendaftarkan diri sebagai peserta baik melalui telepon, email atau datang langsung ke sekretariat House Of Sampoerna.  Ini mengingat peserta even ini  hanya dibatasi 25 orang saja, sementara cukup banyak peminatnya.

Sesuai dengan nama dan tema even, Ngabuburit Bersama Surabaya Heritage Track ini diadakan selama bulan Ramadhan dengan 2 kali jadwal trip  pada setiap hari, yaitu pukul 13.30  dan pukul 15.00. Agar peserta  yang biasa disebut dengan Tracker ini tidak ketinggalan , mereka diharapkan sudah ada di lokasi 10 menit sebelumnya.

Ngabuburit bersama Surabaya Heritage Track ini berangkat dari halaman depan A Café dengan menggunakan bis Surabaya Heritage Track yang berwana merah mencolok. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, selama 1,5 jam  Tracker diajak berkeliling menuju kawasan Wisata Religi Makam Sunan Ampel, yang berjarak sekitar 1,5 km dari House Of Sampoerna. 

Selama perjalanan, pemandu  Surabaya Heritage Track  akan memberikan pemanduan tentang jalan-jalan yang dilewati dengan bangunan-bangunan yang kuno dan bersejarah yang  dilewati selama perjalanan.
 
Kegiatan ini cukup banyak menarik perhatian dan minat dari wisatawan lokal dan mancanegara. Banyak juga media televisi yang tertarik untuk membuat liputan acara tersebut.

 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
Sesampai di kawasan Wisata religi Makam Sunan Ampel, Tracker kemudian diajak menyusuri jalan dan suasana di  kampung Ampel yang banyak terdapat bangunan-bangunan kuno dengan bentuk dan arstitektunya yang khas.  Di kampung ini juga banyak  terdapat komunitas orang Arab.

Tracker juga diajak menyusuri  pasar di kawasan Ampel yang  menjual berbagai jenis dagangan  mulai dari baju muslim, kurma, parfum, aksesoris  dan sebagainya.

Ada juga pedagang yang menjual kue tradisional seperti  roti  Maryam dan Apem Arab yang cukup terkenal di kampung ini.

Di kawasan wisata Religi Makam Sunan Ampel, tracker diberi waktu 20  menit yang bisa digunakan untuk mengunjungi makam Sunan Ampel dan  masjid Sunan Ampel yang kuno dan bersejarah, sholat, berbelanja oleh-oleh dan sebagainya.

Usai itu, tracker kemudian  berkumpul  kembali di salah satu sudut kawasan ini  untuk melanjutkan perjalanan kembali ke House Of Sampoerna.  Berbeda dengan ketika datang, saat kembali  pulang ini Tracker  melewati jalan  dan gerbang utama yang menuju ke Masjid Sunan Ampel.


Di sepanjang jalan yang cukup sempit dan padat ini juga banyak terdapat toko dan kios beraneka jenis dagangan.
  

Selang  15 menit kemudian setelah beranjak dari kawasan Makam Sunan Ampel, bis Surabaya Heritage Track akhirnya sampai dan berhenti tepat di depan House Of Sampoerna. Sebuah pengalaman yang cukup berkesan dalam mengikuti Ngabuburit Bersama Surabaya Heritage Track.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar