Kamis, 20 September 2012

Lukisan-Lukisan Kuno Di Kelenteng Tjoe Tik Kiong



Kelenteng Tjoe Tik Kiong adalah kelenteng kuno di Kota Pasuruan – Jawa Timur. Selaras dengan usia kelenteng yang telah mencapai  ratusan tahun, di kelenteng ini banyak terdapat benda-benda kuno yang menyimpan jejak jejak sejarah pada masa lampau.

Salah satunya adalah adanya beberapa lukisan bergaya klasik tentang kisah dan sejarah dalam legenda Tiongkok kuno.

Lukisan-lukisan itu diantaranya terdapat di bagian depan ruangan altar utama. Pada dinding samping bagian dalam terdapat lukisan-lukisan dengan menggunakan media kertas dan tinta berwarna hitam.

Lukisan-lukisan itu konon menurut salah seorang umat  kelenteng sudah ada sejak masa lampau dan tidak pernah dilepas atau diganti. Karena itu, banyak dari lukisan-lukisan itu yang tampak kusam dan rusak dengan terkelupas pada beberapa bagiannya.  

Sayang, lukisan-lukisan di kertas ini hanya bisa terlihat detailnya pada bagian yang di bawah saja. Untuk bagian yang menengah dan atas tidak bisa terlihat dengan jelas karena posisinya yang cukup tinggi.

 Lukisan-lukisan itu sendiri bentuk dan penampilannya sama dengan lukisan  yang saya jumpai  di kelenteng Hok Swie Bio di Bojonegoro dan Kelenteng Poo Tong Biaw di Besuki.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  







================================================================
  
Lukisan-lukisan kuno lainnya berada pada bagian atas beberapa pintu yang ada kelenteng ini. Untuk lukisan ini menggunakan media cat warna dengan gambar yang juga berkisah tentang sejarah dan legenda Tiongkok kuno. 

Beberapa lukisan kuno yang ini ada yang dilengkapi dengan tulisan-tulisan dalam huruf China. Entah apa artinya karena seorang umat di  kelenteng ini yang menyertai saya saat berada di kelenteng itu pun tidak bisa membaca tulisan-tulisan  itu.

Selain lukisan-lukisan kuno itu, di kelenteng Tjoe Tik Kiong ini juga terdapat beberapa perabot dan perlengkapan kelenteng lainnya seperti lonceng, tambur, meja altar dan sebagainya.

 
Sebuah jejak peradaban tentang tradisi dan budaya etnis Tionghoa yang cukup mengagumkan dari kelenteng  Tjoe Tik Kiong.  


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar