Selasa, 13 November 2012

Jalan Salib Bukit Golgota Di Gereja Puhsarang

Ada yang menarik perhatian saya ketika berkunjung di Gereja Katolik Santa Maria Puhsarang yang berada di Kabupaten Kediri - Jawa Timur. 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------
( Baca juga artikel tentang Gereja Katolik Santa Maria Puhsarang Kediri dengan Langsung KLIK Link berikut ini :  Gereja Batu Puhsarang yang Unik Di Kediri )
---------------------------------------------------------------------

Selain menjumpai Gereja kuno yang unik karena terdiri dari susunan bebatuan, disana juga terdapat sebuah kawasan yang bernama Jalan Salib Bukit Golgota.

Sesuai dengan namanya, di kawasan itu menampilkan fragmen adegan dalam Jalan Salib yang dialami oleh Yesus Kristus. 


Adegan-adegan itu ditampilkan  dalam bentuk fragmen berupa patung-patung yang bergaya gothic dan berwarna emas.

Jalan Salib  yang dalam Bahasa Latin yaitu Via Crucis dan dikenal juga sebagai Via Dolorosa atau Jalan Penderitaan  menggambarkan masa-masa terakhir atau penderitaan Yesus sebelum dan sesudah disalib 

 Tradisi Jalan Salib itu  juga biasa dilakukan oleh umat gereja Katolik Roma ini dan  umumnya dilakukan pada masa Pra-Paskah, terutama pada Hari Jumat Agung dan pada Jumat malam selama masa Pra-Paskah.


Ada cukup banyak  adegan atau fragmen  yang ditampilkan dalam Jalan Salib Bukit Golgota di sana dengan menenmpati lahan yang sangat luas dan kontur medan yang naik turun. Tentu saja terasa sangat melelahkan mengikuti route Jalan Salib itu. 

Untunglah lingkungan di sekitarnya yang asri dan rindang oleh pepohonan terasa cukup menghibur dan mengurangi kepenatan selama perjalanan.


Dalam kisah Jalan Salib itu ada 14 titik perhentian atau biasa disebut dengan stasi. Setiap stasi menampilkan adegan Yesus yang disertai oleh pengikutnya dan selalu diawasi  oleh prajurit Roma Kuno.

  ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================


Ke 14 Stasi itu adalah Yesus Dihukum mati, Yesus Memanggul Salib, Yesus jatuh Untuk Pertama kalinya, Yesus berjumpa dengan Ibunya, Yesus Ditolong oleh Simon dari Kirine, Wajah Yesus diusap oleh Veronika, Yesus jatuh untuk kedua kalinya, Yesus menghibur perempuan-perempuan yang menangisiNya, Yesus jatuh untuk ketiga kalinya, Pakaian Yesus ditanggalkan, Yesus Disalib, Yesus Wafat Di Kayu Salib, Yesus Diturunkan dari kayu salib dan Yesus Dimakamkan.

Di dekat stasi yang terakhir juga terdapat ornamen yang berupa tiruan gua tempat Yesus Dibangkitkan. 


Di bagian depan gereja itu terdapat bekas lelehan lilin yang biasa dinyalakan oleh umat gereja ketika berdoa di sana.

Cukup menarik menyimak adegan-adegan dalam Jalan Salib Bukit Golgota itu.

Terlebih dengan tampilan patung-patung ornamennya dengan detailnya yang artistik dan ekspresif.

Bagi umat Kristiani terutama yang Katolik, berkunjung ke Gereja Puhsarang dengan kawasan Jalan Salib Bukit Golgota ini mungkin bisa mnejadi pengalaman wisata religi dan rohani yang indah dan mengesankan.   









Tidak ada komentar:

Posting Komentar