Senin, 29 Oktober 2012

Patung Budha Empat Wajah Di Surabaya


Patung Budha itu tampak unik dan berbeda dengan patung Budha pada umumnya. Selain memiliki empat wajah, patung itu juga memiliki delapan tangan. Ukuran patung Budha yang berwarna emas itu juga sangat besar dengan bentuk dan ornamennya yang artistik.

Begitulah pesona keunikan Patung Budha Empat  Wajah ( Four Faced Budha ) yang berada di kawasan Wisata KenPark – Surabaya. Lokasi patung ini berhadapan dengan Kelenteng Sanggar Agung.

Sosok patung Budha Empat Wajah itu menyerupai patung Phra Phrom (Four Faced Buddha) yang terdapat di Kuil Erawan, Bangkok, Thailand. Karena itu, Anda tak perlu datang jauh-jauh ke Bangkok bila ingin mengetahui dan melihat patung Budha tersebut.

Cukup menarik ketika saya menyimak Patung Budha Empat Wajah itu.Patung ini memiliki 4 wajah yang menghadap ke seluruh penjuru mata angin yang  melambangkan 4 sifat baik sang Buddha yaitu welas asih, murah hati, adil, dan meditasi. 

Patung ini digambarkan memiliki 8 tangan  yang melambangkan kehadiran dan kekuatan Sang Buddha. Salah satu dari tangan kanan memegang dada, sedangkan di 3 tangan kanan yang lain memegang cupu berisi air suci, tongkat kebesaran dan cakram (sejenis senjata berbentuk piringan). Air suci merupakan perlambang energi penciptaan semesta. 

Sedangkan  tangan kiri patung memegang tasbih, bunga teratai, kitab suci dan kerang. Teratai merupakan lambang kekuatan yang memunculkan alam semesta.
 ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
Patung dengan panjang sisi alas 9 meter dan tinggi 9 meter tersebut diletakkan di dalam bangunan yang disangga 4 pilar berwarna hijau emas, dengan panjang sisi alas 15 meter dan total tinggi 36 meter.
Ukuran-ukuran itu ternyata  banyak mengandung angka 9. Selain mengacu pada patung serupa di Thailand, angka 9 itu juga memiliki makna khusus karena  merupakan angka tunggal tertinggi, sekaligus sebagai lambang kesempurnaan. 

Konon,patung Budha Empat Wajah ini berlapis emas.Dan untuk menyempurnakan lapisan emasnya, digunakan kertas kimpo atau kertas emas dari Thailand.Patung Budha ini berada pada lahan yang sangat luas. Di empat sudutnya  terdapat empat patung gajah yang berwarna putih. 

Selain itu pada sisi utara juga terdapat sebuah bangunan pendapa kecil dengan terdapat Arca Ganesha, dewa ilmu pengetahuan dalam mitologi Hindu. Ada juga sebuah bangunan kecil untuk Ruang Meditasi bagi mereka yang ingin bermeditasi.

Sosok dan keindahan Patung Budha Empat Wajah dengan berbagai kisahnya yang menarik ini patut Anda kunjungi jika sedang berada di wisata KenPark .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar