Minggu, 28 Oktober 2012

Sanggar Agung Umat Budha Di Surabaya


Sanggar Agung adalah nama sebuah tempat peribadatan bagi Umat Tri Darma.  Tempat ibadah yang diresmikan pada tahun 1999 dan berada di tepi pantai  ini cukup menarik karena  bangunannya memiliki ornamen-ornamen  yang bernuansa Bali. Selain itu juga terdapat ornamen berbentuk gerbang raksasa dengan terdapat sepasang naga dan Dewi Kwan Im. 

Sanggar Agung ini juga dikenal dengan nama Kelenteng Sanggar Agung atau Kelenteng Hong San Tang yang berada  di Jl. Sukolilo 100 dalam kompleks Wisata KenPark -  Surabaya. Lokasinya berhadapan dengan Patung Budha Empat Wajah.
 
Di halaman luar kelenteng  ini terdapat sangkar yang berisi ratusan ekor burung yang berukuran kecil. Burung-burung itu dijual dengan harga Rp 1000 per ekor dan biasanya dibeli oleh umat kelenteng yang melakanakan ritual ciswak atau membuang sial.

Pada samping kanan di bagian depan bangunan kelenteng terdapat relief kayu yang berisi kisah Sang Budha Gautama waktu masih anak-anak dan ibu kandungnya. Sedangkan pada samping kanannya terdapat relief berkisah tentang kehidupan Sang Budha.

Melangkahkan kaki memasuki ruangan sanggar pada bagian depan terdapat altar dengan sebuah patung Budha berada di bagian tengahnya. 

Patung Budha itu tampak menarik dengan taburan beraneka bunga disekitarnya dengan asap dan bau dupa yang senantiasa menguar tiada hentinya. Sebuah relief bergambar Sang Budha dalam warna emas menghiasi dinding altar utama ini.
Pada bagian belakang altar utama ini juga terdapat altar berikutnya. Pada altar dengan pilar-pilar yang berukuran cukup besar dan berwarna emas ini terdapat beberapa arca Sang Budha dan Dewa-dewa lainnya. Sedangkan di ruangan lainnya terdapat tiga altar yang berukuran lebih kecil dengan dewa-dewa berada di dalamnya.
 ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
Pada halaman belakang kelenteng Sanggar Agung ini terdapat patung sepasang naga dan ornamen  bermotif ukir-ukiran menghiasi bagian pintunya. Selain itu juga tedapat sepasang  singa Kilin yang berwarna putih dan mengkilat yang terbuat dari batu marmer.Tak jauh di depan pintu masuk tersebut terdapat sebuah patung naga yang berwarna emas.

Yang menarik, dibagian belakang kelenteng ini terdapat ornamen berbentuk gerbang yang angat besar. Pada gerbang itu terdapat ornamen berbentuk sepasang naga dan Patung Dewi Kwan Im Pow Sat dan empat Dewa Penjaga Langit di bagian atasnya.

Patung Dewi Kwan Im dan gerbang tersebut sangat menakjubkan karena selain ukurannya yang cukupu besar juga karena desain dan bentuknya yang artistik. Banyak pengunjung kelenteng ini yang menjadikannya sebagai obyek untuk berfoto ria.Selain itu juga terdapat sebuah altar dengan terdapat arca berbentuk Dewa Kwan Kong dan dua karakter lainnya yang mengapitnya.

Kelenteng Sanggar Agung ini tampak berbeda dengan kelenteng-kelenteng lainnya yang berada di Kota Surabaya yang umumnya berukuran kecil dan nyaris tidak memiliki halaman yang luas.Selain menjadi tempat ibadat bagi Umat Tri Darma, kelenteng Sanggar agung ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan lainnya yang ingin datang melihat  pesona keunikan bangunan Patung  Dewi Kwan Im.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar